AMBON, Siwalimanews – Kasdam XVI Pattimura Brigjen Asep Abdurachman mewakili Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa menghadiri upacara pembukaan pendidikan dan latihan integrasi kampus kebangsaan yang diikuti oleh para siswa Dikmaba TNI AD dan siswa Diktukba Polri tahun anggaran 2022 di Lapangan Letkol Pol  Chr Tahapary, Tantui Ambon, Senin (12/12).

Pendidikan dan Latihan Integrasi Kampus Kebangsaan ini diikuti 274 siswa, yang terdiri dari 177 siswa pendidikan pertama bintara (Dikmaba) TNI AD dan 97 siswa pendidikan pembentukan bintara (Diktukba) Polri 2022.

Pendidikan terintegrasi  ini merupakan tindak lanjut peningkatan kerjasama yang diwujudkan dalam kegiatan terintegrasi pada pendidikan pembentukan atau pendidikan pertama, pendidikan pembentukan perwira, dan pendidikan pengembangan umum, dalam hal ini, kegiatan terintegrasi, siswa Dikmaba TNI AD akan mengikuti pendidikan di SPN Polda Maluku, begitu dengan siswa Diktukba Polri akan berada di Rindam XVI Pattimura selama lima hari.

Kegiatan ini menitikberatkan pada keterampilan berkomunikasi, memotivasi diri, kemampuan memecahkan permasalahan, kerjasama tim dan kepemimpinan yang memiliki jiwa ksatria integrasi.

Dankodiklat TNI Letjen Bambang Ismawan dalam smabutannya yang dibacakan Kasdam XVI Pattimura berharap, dari adanya kolaborasi integrasi ini adalah tumbuhnya bibit integrasi yang kuat dalam institusi TNI dan Polri.

Baca Juga: PN Dobo Bakal Miliki Gedung Baru

“Kegiatan kolaborasi integrasi ini bermanfaat strategis, karena kedepan tugas negara yang diemban oleh TNI dan Polri harus selalu bersama-sama saling berkoordinasi, berintegrasi dan bersinergi,” ujar Dankodiklat.

Untuk diketahui, materi yang diberikan selama kegiatan pendidikan kolaborasi ini antara lain tentang pengenalan doktrin matra, fungsi matra, perbantuan TNI pada Polri, perbantuan Polri kepada TNI, dan operasi bersama.

Upacara turut dihadiri oleh Danlantamal IX Ambon Brigjen Mar Said Latuconsina, Wakapolda Maluku Brigjen Jan de Fretes, Kabinda Maluku Brigjen Anton Irianto Popang, Danrindam XVI Pattimura, Dansecaba Rindam, PJU Polda Maluku, Dansatpom Lanud Pattimura dan Forkopimda Provinsi Maluku. (S-06)