SAUMLAKI, Siwalimanews – Keterlibatan  anggota TNI dari Kodim ramil 1507 Saumlaki yang membantu mengevakuasi warga Desa Kabiarat Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang menagalmi sakit untuk dirujuk ke Puskesmas Lorulun mendapat perhatian dari Dandim 1507 Saumlaki, Letkol Inf Didik Teguh Waluyo.

Warga yang dibantu Danramil 1507-02 Saumlaki Kapten Inf Abdulah Andalais Ohorella bersama perseonelnya itu yakni Yuliana Laratmase (70) yang kesehariannya sebagai petani mengalami stroke, hipertensi dan lambung kronis.

Dandim 1507 Saumlaki Letkol Inf Didik Teguh Waluyo kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (5/4) menjelaskan, awalnya dirinya mendapatkan laporan dari warga, bahwa ada warga di wilayah Kodim 1507 Saumlaki yang tidak mampu, mengalami sakit komplikasi stroke, hipertensi dan lambung kronis yang sudah dideritanya hampir dua tahun.

Merasa peduli atas laporan tersebut, kemudian pihaknya menindak lanjuti dengan mengirim Danramil Saumlaki untuk membantu mengevakuasi dan memberikan bantuan sembako bagi warga tersebut.

“Kita berikan bantuan sembako sekaligus lakukan proses evakuasi Ibu Yuliana Laratmase yang sakit. Evakusi ibu yang sakit ini dengan cara digendong oleh Danramil dan dibantu oleh anggotanya, kemudian dibawa menggunakan sepeda motor ambulance roda tiga milik Kodim Saumlaki,” ungkap Dandim

Baca Juga: Gandeng Komnas HAM, Polda Selidiki Bentrok Hitu Wakal

Dandim menambahkan, evakuasi warga yang sakit ini dengan menggunakan sepeda motor ambulance roda tiga yang merupakan bantuan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman kepada masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkannya. Kendaraan ini memang sering dipakai oleh Kodim 1507 untuk membantu masyarakat di Saumlaki.

“Ini merupakan perwujudan kepedulian TNI kepada warga masyarakat serta implementasi dari perintah harian Kasad yang ke lima yakni TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi,” pungkas Dandim. (S-26)