NAMLEA, Siwalimanews – Kodim 1506 Namlea, gencar melaksanakan percepatan vaksinasi sebagaimana yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dandim 1506 Namlea Letkol Arh Agus Guwandi melalui Pasiter Kapten Inf Haris Tumenggung menjelaskan, jajaran Kodim Namlea telah melakukan serbuan vaksinasi di beberapa titik yang berada di wilayah kerja Kodim secara terus-menerus, bekerjasama dengan Pemda Buru dan Buru Selatan.

“Sampai hari ini serbuan vaksinasi gelaran Kodim Namlea dilaksanakan di beberapa titik di Buru dan Buru Selatan,” ungkap Pasiter kepada Siwalimanews, usai menerima laporan perkembangan dari para Danramil dan Babinsa, Senin (25/10).

Menurutnya, layanan vaksinasi untuk masyarakat akan terus dilakukan hingga ke pedesaan, dengan melibatkan seluruh unsur baik pemda, maupun masyarakat.

“Kami ingin memberikan kemudahan bagi warga yang tinggal di pedesaan yang ingin divaksin,” ujarnya.

Baca Juga: KPU Bursel Gelar Sosialisasi Pengembangan Sistem Sosial

Dandim kata Pasiter, berharap serbuan vaksinasi dapat terus dilaksanakan, dengan jumlah cakupan yang lebih banyak lagi, sehingga nantinya setelah divaksinasi, masyarakat bisa terlindungi dari bahaya Covid-19.

Masyarakat juga terus diimbau untuk bersama-sama melakukan vaksinasi, meski saat ini Kabupaten Buru dan Buru Selatan masuk pada zona kuning dan berada pada level II.

Serbuan Vaksinasi yang dilakukan oleh Koramil 1506-02 Leksula yang digelar hari ini kata Tumenggung,  dilaksanakan di Desa Oki Baru, Kecamatan Namrole dan Desa Leksula, Kecamatan Leksula, Kabupaten Buru Selatan.

Di Desa Oki Baru dipusatkan di puskesmas setempat dan yang berhasil divaksin sebanyak 21 orang, terdiri dari dosis pertama 12 orang dan dosis kedua 9 orang.

Sedangkan di Leksula yang mengikuti screning 100 orang, namun yang berhasil divaksin 66 orang untuk dosisi I dan sisanya ditunda, karena alasan kesehatan.

“Di Wilayah kerja Koramil 04 Waeapo Babinsa Waelo Serda Viktor Belen juga ikut mengerahkan masyarakat setempat agar ke Puskesmas Waelo untuk divaksin,” ujar Paster.

Disini sebanyak 15 orang berhasil divaksin yang terdiri dari vaksinasi tahap pertama 29 orang dan tahap dua 5 orang. Sesuai agenda, kegiatan vaksinasi di wilayah kerja Koramil Leksula akan dilanjutkan esok, Selasa (26/10) di Desa Elfile, Kecamatan Namrole.

“Koramil Airbuaya juga akan melakukan vaksinasi buat masyarakat di Teluk Bara, pada Selasa pagi esok,” ujar Pasiter.

Untuk kegiatan dimaksud,  Babinsa Desa Bara, Serma Imran R juga, telah  melakukan kordinasi dengan camat Airbuaya dan Kepala Pusekesmas Airbuaya.

“Dalam koordinasi awal ini, ditekankan agar semua perangkat desa wajib mempelopori dengan ikut juga divaksin esok harinya,” pungkas Pasiter. (S-31)