AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 73 calon siswa asal panitia daerah Lantamal IX Ambon yang mengikuti tes pentukhir pusat caba pendidikan karir pria dan wanita serta catam gelombang I tahun 2021 dinyatakan lulus dengan presentase mutal atau 100 persen.

Kelulusan seluruh caba dan catam Panda Ambon mellaui sidang  komisi Pantukhir Pusat pada, Selasa (20/4) di gedung serba guna Lantamal XIV, Kota Sorong, Papua Barat

“Panda Ambon mengirimkan perwakilan 73 Casis dengan persentase lulus mutlak 100%,” ucap pihak Dispen Lantamal IX dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (22/4).

Sidang pantukhir pusat caba dan catam PK TNI AL tahun 2021 wilayah Satdik 3 Kodiklatal Sorong tersebut dibuka dan ditutup Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda Dadi Hartanto.

Baca Juga: Polisi Kantongi Identitas Pelaku Penembakan Warga Sirisori

Sidang itu dihadiri Kadisminpersal Laksma Deni Herman, Komandan Lantamal XIV Brigjen (Mar) Markos, Aspers Danlantamal IX Kolonel Laut (S) Danang Marsudi dan sejumlah pejabat TNI AL.

Hasil sidang itu memutuskan sebanyak 100 caba 87 pria dan 13 wanita serta 150 catam lulus, hal tersebut termasuk 73 casis dari panda Ambon yang terdiri dari caba pria 29, dimana 27 orang lulus dan dicatamkan 2 orang, caba wanita 3 orang seluruhnya lulus. Sedangkan 41 catam semuanya lulus.

“Mereka ini merupakan putra putri terbaik Maluku. Selanjutnya seluruh casis akan dibina dan dididik dalam Kawah Candradimuka untuk menjadi Prajurit TNI AL yang profesional dan handal untuk mengawaki Kapal Perang RI (KRI),  Pangkalan TNI AL dan Pos TNI AL terluar yang berada di jajaran Komando Armada III,” tandas pihak Dispen.

Asisten Personel Kasal, Laksamana Muda Irwan Achmad, dalam sambutannya yang dibacakan Kadisminpersal mengatakan, hasil seleksi ini dapat dilihat, bahwa jumlah casis yang lulus murni sudah memenuhi seat yang ada.

Pada beberapa casis terdapat presentase lulus mutlak, sehingga seat yang tersedia dapat terpenuhi.

“Gambaran hasil tes ini merupakan merefleksikan hasil penyeleksian SDM oleh para panitia seleksi casis bintara dan tamtama PK TNI AL secara umum,” ujar Aspers Kasal. (S-21)