AMBON, Siwalimanews – Universitas Pattimura periode April 2021 mewisudakan 1.715 sarjana yang digelar, Rabu (21/4).

Wisuda yang berlangsung dalam rapat terbuka luar biasa senat Unpatti dalam rangka Dies Natalis Ke-58 dan wisuda sarjana profesi dokter, profesi magister, dan program studi diluar Kampus Utama (PSDKU) itu, dibuka oleh Ketua Senat Salmon Nirahua.

Pada periode April 2021 ini, wisuda dilaksanakan dengan menggunakan sistem drive thru (turun dari kendaraan langsung masuk dan kemudian kembali lagi) akan dilangsungkan dua hari yakni 21 dan 22 April. Penerapan sistim drive thru ini lakukan, guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Hari ini 1.715 wisudawan Unpatti dilantik yang terdiri darì 1.346 lulusan sarjana, 7 lulusan profesi dokter, 239 lulusan profesi guru, dan 123 lulusan magister,” ungkap Rektor Unpatti M J Saptenno dalam sambutannya pada acara wisudawa hari pertama yang berlangsung di auditorium Unpatti.

Baca Juga: Selundupkan Sabu ke Rutan, Sarifudin Dituntut 7 Tahun Penjara

Rektor merincikan, ribuan wisudawan ini terdiri dari, Fakultas Hukum sebanyak 120 sarjana, FISIP 140 sarjana, FKIP 795 sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis  176 sarjana, Fakultas Pertanian 55 sarjana, Fakultas Perikanan dan Ilimu Kelautan 96 sarjana, Fakultas Teknik  40 sarjana, FMIPA 79 sarjana dan Fakultas Kedokteran 15 sarjana.

Selain itu dilakukan secara virual juga untuk wisudawan program studi di luar kampus utama (PSDKU) yakni, Kabupaten Aru 52 Sarjana. MBD 24 sarjana, kemudian untuk Pasca sarjana 123 orang.

Tahun 2019-2023 merupakan periode yang cukup berat, terutama untuk mengejar berbagai ketertinggalan selama ini, baik dari sisi kelembagaan, SDM maupun kualitas, mengingat amanat Mendikbud dalam mengharapkan kerjasama yang kuat untuk membangun Unpatti lebih baik kedepanya.

“Terima kasih kepada ibu/bapa para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik di Unpatti dan kepada wisudawan, saya mendoakan keberhasilan saudara-saudara ditengah masyarakat, bahkan ketika saudara bekerja dan mengabdi dimana saja agar citra lembaga ini menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” ucap Rektor.

Sementara itu, Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Maluku M Saleh Thio, berharap peringatan Dies Natalis ke-58 menjadi momentum bagi Unpatti untuk membenahi dalam upaya meningkatkan pendidikan tinggi di Maluku dan kawasan Indonesia Timur.

“Atas nama pemda kami ucapkan terimakasih atas keberhasilan yang sudah dicapai, selamat kepada para wisudawan/wisudawati atas keberhasilannya, semoga ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan dapat diaktualisasikan dan memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya. (S-51)