AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun ini, maka Kodim Namlea bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Buru, memberikan pelayanan KB serentak di kabupaten itu.

Pelayanan KB serentak bagi sejuta akseptor itu berlangsung di 10 kecamatan di Kabupaten Buru, termasuk di Kecamatan Liliyali yang digelar, Kamis (24/6).

Dandim Namlea yang diwakili  Pasiter Kapten Inf Abdul Haris Tumenggung dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu mengatakan, Kodim Namlea mendukung pelayanan KB sejuta akseptor secara serentak dalam rangka Harganas dan siap mendampingi program KB tahun 2021.

“Kegiatan ini untuk memupuk kebersamaan serta sinergitas dengan instansi terkait dengan Kodim Namlea. Kami berharap program pelayanan KB serentak sejuta skseptor dalam rangka Harganas tahun ini berjalan dengan lancar dan aman ditengah Pandemi Covid-19 sesuai dengan rencana yang telah ditentukan,” harap Tumenggung.

Sementara itu, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Buru Ibrahim Sanduan dalam sambutannya mengatakan, pelayanan KB serentak sejuta akseptor ini tujuannya adalah untuk meningkatkan kesertaan ber KB dan menurunkan percepatan stunting, sebab stunting sangat berbahaya, terutama terhadap masa depan anak-anak.

Baca Juga: Pangdam Bangga dengan Prestasi Tehupellory

“Agar anak-anak berkualitas kita harus cegah stunting. Kegiatan pelayanan KB salah satunya apabila kita ingin mempunyai anak betul-betul direncanakan sebab salah satu pemicu stunting itu mulai dari kehamilan,” jelas Sanduan.

Dari sisi program KB kata Sanduan, hamil itu benar-benar direncanakan, kemudian dijaga jarak, sebab terlalu dekat kelahiran anak juga bisa melahirkan anak yang stunting.(S-31)