AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Kodam XVI Pattimura kembali melakukan aksi sosial dengan membeda rumah tidak layak huni milik Elvirani Pattiradjawane di Desa Halong.

Pembedahan rumah sebagai bentuk kepedulian Kodam XVI Pattimura dimulai sejak 22 Juli dan diresmikan pada 10 Agustus.

Penyerahan kunci sekaligus dan modal usaha kepada ibu tiga orang anak tersebut dilakukan oleh Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, Kamis (10/8).

Dalam sambutan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa mengatakan, Kodam XVI Pattimura sebagai bagian dari masyarakat Maluku, senantiasa menjunjung tinggi kehidupan orang basudara, saling tolong-menolong dan peduli terhadap sesama.

“Apa yang Kodam XVI Pattimura berikan hari ini, jangan hanya dilihat dari bentuknya, namun ini merupakan wujud kepedulian, rasa empati dan rasa sayang Kodam XVI Pattimura kepada masyarakat Maluku, khususnya kepada keluarga Ibu Tiur secara tulus dan ikhlas,” ujarnya.

Baca Juga: Pekot Ambon Siap Bantu Pemkab Aru

Orang nomor satu di Kodam Patti­mura juga berharap kepada pemilik rumah untuk senantiasa menjaga dan merawatnya dengan baik.

“Saya berharap, agar rumah ini dapat dirawat dan dimanfaatkan dengan baik, agar masa pakainya bertahan lama,” pintahnya.

Tidak hanya itu pandam juga berharap agar rumah ini sebagai tempat yang nyaman untuk membentuk keluarga yang damai dan harmonis.

“Semoga rumah ini membawa berkah bagi kita semua,” ujarnya.

Semi Koritelu sebagai keluarga yang mewakili ibu 3 anak mengucap­kan terima kasih yang mendalam dan apresiasi yang tinggi kepada Kodam XVI Pattimura khususnya kepada Pangdam dan jajaran.

“Ini adalah sebuah kepedulian yang besar dari pihak TNI AD bagi kami keluarga,” ucapnya.

Ia juga berharap apa yang dilakukan Kodam Pattimura kepada keluarganya bukan yang terakhir tetapi bisa juga bagi rumah-rumah yang lain.

Kami harap, ini bukan hal yang pertama dan terakhir tapi menjadi sebuah kesinambungan antara TNI dan rakyat. Warga Halong sungguh bangga TNI AD khususnya Kodam XVI Pattimura atas kepeduliannya kepada rakyat,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain memberi­kan bantuan bedah rumah kepada Tiur Elvirani Pattiradjawane, Kodam XVI Pattimura juga memberikan bantuan sebanyak 12 unit bedah rumah untuk warga kurang mampu.

Di wilayah Maluku sebanyak 7 unit dan wilayah Maluku Utara sebanyak 5 unit.

Acara yang ditutup dengan pemberian tali asih kepada beberapa warga masyarakat Desa Halong dan dilanjutkan dengan ramah-tamah ini, dihadiri oleh PJU Kodam XVI Pattimura, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (S-09)