AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon beren­cana mengembangkan sektor pari­wisata sebagai penopang penda­patan asli daerah.

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang perencanan program­nya sementara disusun dalam Ren­cana Pembangunan Jangka Mene­ngah Daerah.

“Saat ini Dinas Pariwisata dan Bappeda sementara membuat perencanaan engineering tentang pariwisata,” kata Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (10/8).

Menurutnya, RPJMD Kota Ambon arah kebijakan pemerintah salah satunya adalah pembangunan pariwisata yang didukung sektor-sektor yang lain.

“Pariwisata ini sangat mendukung pelaku usaha di bidang hotel dan restoran. Orang mau datang, tinggal di hotel dan makan di restoran, itu secara otomatis juga akan mening­katkan  PAD kita,” ungkapnya.

Baca Juga: MBD Terima Insentif Pusat 70 Miliar

Apabila dalam konsepnya nanti dan APBD Kota Ambon terbatas dalam pengembangan sektor pari­wi­sata, maka pemerintah akan meng­usul­kan anggaran ke peme­rintah pusat.

Sementara besar anggaran untuk pengelolaan pariwisata nantinya aplikasinya akan diberikan kepada masing-masing OPD pendukung.

“Waktu saya sebagai penjabat terbatas, tapi minimal saya punya konsep pembangunan pariwisata di Kota Ambon,” harapnya. (S-25)