AMBON, Siwalimanews – Terkenal sebagai basis fans fanatik De Oranye julukan timnas Belanda di Indonesia membuat asosiasi sepak bola kerajaan Belanda, Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB), menemui langsung fans Belanda di Kota Ambon, Maluku, Provinsi Maluku.

KNVB  tiba di Ambon sejak, Selasa (29/11), di Ambon, selain menemui fans timnas Belanda, KNVB juga mengadakan nonton bareng pertandingan Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Belanda di kawasan Bere-Bere, Kecamatan Sirimau, dan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Kepala Perwakilan Pemasaran Internasional KNVB Ilja Dijkstra kepada wartawan mengatakan, selain menggelar nonton bareng, KNVB juga mengajak fans timnas Belanda dan warga Kota Ambon membuat karya seni mural sepak bola.

Sejumlah kegiatan ini digelar KNVB, sebagai bentuk apresiasi kepada warga Kota Ambon yang mayoritas merupakan pendukung fanatik timnas di Piala Dunia.

“KNVB mengetahui warga di Ambon adalah basis fans fanatik timnas sepak bola Belanda, bahkan De Oranje sudah beranggapan fans di Ambon bukan fans biasa-biasa,” ungkap Ilja kepada wartawan di Ambon, Rabu (30/11) malam.

Baca Juga: Jelang HUT ke-23, DWP Kota Ambon Gelar Aksi Donor Darah

Bukti bahwa warga Ambon fans fanatik De Oranje kata Ilja, terlihat dari banyaknya video yang diterima KNVB, dimana mayoritas video itu memperlihatkan animo warga Kota Ambon terhadap timnas Belanda sangat tinggi.

“KNVB mengetahui dukungan terhadap Timnas Belanda dari Ambon, sejak Piala Dunia 2010, 2014, hingga berlanjut di Piala Dunia Qatar 2022 tahun ini. (S-25)