DOBO, Siwalimanews – Kementerian Perhubu­ngan menambah lagi moda transportasi laut untuk Kabupaten Kepu­lauan Aru dengan menghadirkan KM Satya Kencana II.

Kapal dengan berbobot 2.156 GT ini mampu mengakut 280 penumpang dan kendaraan campuran (mobil dan sepeda motor) sebanyak 40 unit.

Kehadiran kapal ini akan memperluas dan mempermudah akses transportasi antar pulau dan kabupaten dan provinsi. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Aru Edwin Pattinasarany mengatakan, tibanya KM. Satya Kencana II akan memudahkan dan memperluas akses transportasi baik masuk maupun keluar Dobo.

Selain itu, memperluas akses transportasi merupakan bagian dari visi dan misi Bupati Aru yang salah satu pointnya membuka akses transportasi seluas-luasnya

“Kapal ini akan melayari rute Dobo, Marlasi (Aru Utara) dan Koijabi (Aru Tengah Timur), Sementara untuk jalur pelayaran antar kabupaten, yakni Dobo-Saumlaki dan Dobo Timika pulang pergi,” jelas Pattinasarany.

Baca Juga: Bupati dan Ketua DPRD Buru Jalani Vaksin Perdana

Selain itu, KM. Satya Kencana II direncanakan pelayaran perdana pada tanggal 22 Fabruari mendatang dengan tujuan Dobo-Saumlaki dan dilanjutkan Dobo-Marlasi-Koijabi. Kemudian, untuk Dobo-Timika direncanakan tanggal 29 Februari

Dikatakan, kapal ini bersandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Dobo pukul 12.30 WIT langsung dilakukan pemeriksaan dan prosesi adat.

Sekitar pukul 17.00 Wit, Bupati Aru Johan Gonga bersama pimpinan forkopimda Aru meninjau langsung guna melihat kondisi kapal tersebut. Sementara kapal itu nanti akan di nakhodai oleh capten Try Rahman Saleh(S-25)