AMBON, Siwalimanews – Kementetian Perdagangan (Kemendag), berniat membangun lagi pasar rakyat di Kota Ambon namun Pemkot Ambon masih terkendala lahan.

Hal tersebut diung­kapkan Pelaksana tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Robby Silooy kepada Siwalima di Ambon, Jumat (12/2).

Menurutnya guna untuk mempermudah masyarakat akan dibangun lagi sejumlah pasar rakyat yang didanai oleh Kementerian Perdagangan.

“Tiga lokasi menjadi target pembangunan pasar rakyat nantinya. Daerah Hatiwe, Tawiri nah itu yang ada disitu, termasuk Wayame ya,” jelas Silooy.

Alasan pemilihan lokasi tersebut dikarenakan letak Pasar Mardika yang terlalu jauh dan tentunya memakan waktu sehingga pe­-menuhan kebutuhan masyarakat akan sangat terhambat.

Baca Juga: Kemenhub Tambah Tansporasi Laut di Kepulauan Aru

Namun, lanjutnya yang menjadi pekerjaan rumah dari pemkot mengenai pembangunan pasar rakyat ini adalah ketersediaan lahan. Dirinya berharap hal dapat segera diselesaikan.

“Kendala kita di lahan. Jadi tinggal katong (kita) cari, kalau punya kemampuan ada untuk menyediakan fasilitas tanah, ya sudah program itu datang pemerintah sudah bisa membangun,” terang Silooy.

Selain itu Silooy mengakui, dengan ketersediaan pasar yang dekat dengan permukiman dan beberapa pasar kecamatan yang telah dibangun sebelumnya, dapat membantu proses revitalisasi pasar yang menjadi program utama Pemkot Ambon.

“Pada saatnya nanti kalau belum bangun nanti, lalu mau suruh (pedagang Pasar Mardika) pindah ke mana pada saatnya nanti telah dibangun,” pungkas Silooy. (S-52)