AMBON, Siwalimanews – Pemkot Ambon kembali melanjutkan episode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, dengan memasuki tahap ke 16, melanjutkan seri sebelumnya transisi ke-15.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mene­rangkan, PSBB transisi dilaku­kan sampai dengan Kota Ambon keluar dari peta zonasi orange.

“Alasannya tetap sama, yakni Kota Ambon masih b­erada dalam zona Orange Pe­nye­baran Covid-19, dan hing­ga kini belum mampu melang­kah ke zona selanjutnya yakni Kuning olehnya PSBB transisi dilanjutkan terhitung mulai 15 Februari, “ papar Adriaansz kapada wartawan, Minggu (14/2) di Ambon.

Dirinya mengungkapkan, sampai dengan saat ini Kota Ambon masih berada di zona orange dengan total skoring 2,07 artinya masih belum mampu keluar dari zona orange.

Perpanjangan PSBB transisi katanya, menjadi alternatif yang cukup membantu dalam proses menekan angka penye­baran, dan kematian yang me­miliki efek terhadap total skiring zonasi.

Baca Juga: TP-PKK Maluku Gelar Kegiatan Gerakan Peduli Sampah

“Harus dilanjutkan. Dengan begitu, upaya untuk masuk da­lam zona kuning, bisa terus kita lakukan dengan cara melakukan operasi yustisi dan penerapan pro­tokol kesehatan, dari pagi, siang, sore hingga malam,” jelasnya.

PSBB transisi 16, aturan yang diterapkan masih sama yakni para pelaku usaha tetap diberikan waktu beroperasi mulai dari pukul 06.00 WIT pagi, hingga 21.00 Wit malam setiap harinya.

Sama halnya dengan  batas angkut kendaraan roda empat, yakni harus memuat penumpang tidak boleh lebih dari 50 persen.

“Ini tetap akan berlaku sepanjang kita masih belum  masuk zona hijau,” katanya.

Pada prinsipnya, Pemerintah Kota Ambon masih tetap memiliki ko­mitmen untuk membebaskan diri dari penyebaran Covid-19. Untuk itu, diharapkan kesadaran masya­rakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Target zona hijau bisa kita capai, apabila masyarakat taat dan patuh terhadap protokol kesehatan, dalam hal ini menjaga jarak, cuci tangan, menghindari kerumunan, serta memakai masker,” pungkasnya.

Untuk diketahui, data terakhir kasus Covid-19 di Kota Ambon per 13 Februari 2021, untuk angka terkonfirmasi Kota Ambon mengalami kenaikan menjadi 303 setelah sebelumnya berada di angka 301. Pasien sembuh 4104 orang, dan meninggal dunia 60 orang pasien. (S-52)