AMBON, Siwalimanews – Lahan kosong milik Universitas Pattimura di Desa Rumatiga, Kecamatan Teluk Ambon, siang tadi (12/2) terbakar.

Kebakaran itu terjadi diduga akibat puntung rokok yang masih menyala dibuang oleh orang tidak bertanggung jawab dan mengenai rumput yang sudah mengering, sehingga api dengan cepat membesar dan merambat membakar lahah dua hektar tersebut.

Indra (22), salah satu mahasiswa Unpatti yang melintas di depan Fakultas Kedokteran dengan sepeda motornya melihat gumpalan asap tebal berasal dari belakang Fakultas Kedokteran.

Ia kemudian memutar jalan belakang Fakultas untuk memastikan apakah itu kebakaran atau bukan. Namun karena ada warga yang biasa berkebun di daerah itu, akhirnya ia mengurungkan niatnya dan melanjutkan perjalanan ke rumah.

Selain dirinya kata Indra, ada warga lain juga yang melihat kejadian itu, sehingga kemungkinan mereka menghubingi pihak pemadam kebakaran, karena takut api semakin membesar.

Baca Juga: Kriteria Balon Ketua Sinode Mulai Dibahas

“Pada Pukul 14.00 WIT, dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Ambon tiba di lokasi kejadian dan langsung memadamkan api yang membakar semak dan ilalang yang kering bekas kebun warga dan 20 menit kemudian atau sekitar pukul 14.20 WIT, api berhasil dipadamkan. (S-51)