AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman memimpin Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana bertempat di Makodam dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Rabu (10/2).

Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan, selaku komando kewilayahan, Kodam XVI/Pattimura dituntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni dalam melakukan penanggulangan bencana alam di wilayah.

“Jadi kita perlu kesiap-siagaan apabila sewaktu-waktu dikerahkan untuk mengatasi bencana,” kata pangdam dalam rilis yang diterima Siwalima, kemarin.

Lebih lanjut dikatakan, kesiapan pasukan dan perlengkapan dalam mengatasi bencana sangat penting dan strategis untuk menguji kesiapan satuan dalam menghadapi dan melakukan penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi di wilayah Maluku.

“Dalam mencegah bencana kita harus siap dalam segala hal mulai dari perlengkapan materil maupun personil. Dengan diselenggarakannya apel gelar pasukan gulbencal, kita bisa antisipasi akan adanya bentuk bencana apapun sejak dini,” ujar pangdam.

Baca Juga: Wabup Apresiasi Giat Penghijauan Pers Malteng

Usai apel orang nomor satu di Kodam XVI/Pattimura mengecek secara langsung di setiap pos guna mengetahui sejauh mana kesiapan prajurit  dan perlengka­pan terkait tugas pokok, fungsi dan peran masing-masing sehi­ngga sigap dan dapat bertindak cepat dan tepat dalam menanggulangi bencana khususnya di wilayah Provinsi Maluku. (S-52)