AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka perbaikan jalan dan saluran drainase dalam kawasan Terminal Mardika Ambon, Dinas Perhubungan Kota Ambon mulai membongkar puluhan lapak yang ada dalam kawasan tersebut.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Ambon, Dody M H R kepada Siwalima, di kawasan Terminal, Kamis (9/11) mengatakan, pem­bongkaran lapak akan dilakukan selama dua hari, mulai Kamis dan Jumat.

“Ini kegiatan Pemkot untuk tahun 2023, yaitu pemeliharaan areal Terminal Mardika, yang akan dilakukan pengaspalan dan perbaikan saluran drainase. Jadi sebelum kegiatan ini dilaksanakan, kita lakukan pem­bongkaran lapak yang ada didalam Terminal. Terutama lapak yang ada di atas saluran drainase. Jadi hari ini dan besok kita bongkar seluruh lapak,”ujarnya.

Pembongkaran dilakukan, kata dia, agar pengaspalan tidak terhadang oleh aktivitas pedagang.

Untuk pembongkaran ini juga telah dilakukan rapat bersama para Koordinator Pedagang Terminal, baik A1 maupun A2, dengan OPD teknis, yaitu Satpol PP, Disperindag, dan Bagian Hukum.

Baca Juga: Rumahlewang Dilantik Jadi Anggota DPRD MBD

Diakui, sebelum pembongkaran ini juga, Dishub telah menyurati para pedagang, khusus yang lapaknya akan dibongkar.

“Kita sudah menyurat sebe­lumnya dan sebenarnya dalam surat itu kita minta Selasa-Rabu itu mereka bongkar sendiri, tapi tidak dibongkar, makanya kita bongkar, dan dibantu Satpol PP, ada juga anggota TNI yang turut membantu, dan juga para pedagang sendiri, karena mereka juga harus melihat barang-barang mereka,”katanya.

Setelah ini, akan dilakukan pengaspalan dan perbaikan drainase yang dipastikan ber­langsung dalam kurung waktu satu bulan.

Dari pantauan, pembongkaran berjalan aman tanpa ada perlawanan dari pihak pedagang. (S-25)