JAKARTA, Siwalimanews – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan penghargaan Khusus Kawasan Timur Indonesia (KTI) kepada Pemerintah Kota Ambon.

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin kepada Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M Wattimena saat malam Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2023 yang berlangsung di Ballroom Shangri La Hotel Jakarta, Rabu (8/11).

Dalam sambutanya Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepada kementerian lembaga dan pemerintah daerah meningkatkan pelayanan di bidang investasi.

“Penghargaan yang diberikan, dapat memperkuat komitmen pemerintah untuk mendorong peningkatan pelayanan investasi serta kemudahan berusaha bagi masyarakat usaha,” tegas Wapres.

Menurutnya tujuan diberikan penghargaan ini juga untuk mening­katkan aliran investasi di Indonesia.

Baca Juga: Birokrasi Pemerintahan MI-Orno Dinilai Buruk

Dimana penghargaan khusus Kawasan Timur Indonesia diberikan atas kinerja pelayanan terpadu satu pintuh dan kinerja percepatan pelaksanaan pemerintahan daerah.

Dan penghargaan ini sendiri diberikan kepada pemda dan kementerian lembaga yang memperoleh hasil penilaian terbaik atas kinerja pelayanan terkait investasi yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Penghargaan ini diberikan pada 12 instansi pemerintah kategori kementerian/lembaga, pemda, dan penghargaan khusus kawasan timur Indonesia.

Sementara itu Kepala Dinas PMPTSP Kota Ambon Pieter Saimima yang dikonfirmasi juga membenarkan terkait penghargaan yang diterima Pemkot Ambon.

“Untuk wilayah Timur Indonesia ada tiga daerah yang mendapat penghargaan yakni Pemkot Kota, Provinsi Maluku Utara dan Kabu­paten Merauke,” jelas Saimima.

Saimima mengakui, terkait pencapaian tersebut makan sudah barang tentu memberikan angin segar bagi pihaknya dalam upaya untuk terus meningkatkan kinerja serta mutu layanan untuk dapat mempertahankan capai itu.

“Penghargaan justru memacu kita untuk memberikan kontribusi yang lebih baik lagi kepada pelaku usaha khususnya investor yang ada di Kota dengan pelayanan prima sesuai dengan SOP,” tutupnya.(Mg-3)