PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat Mohammad Yasin Payapo, menyerahkan satu unit speed boat bantuan dari dari Kemen­terian Perhubungan (Kemenhub) kepada masyarakat Dusun Haya, Kecamatan Huamual Belakang.

Satu unit transportasi laut ini akan diperuntukan sebagai alat transpotasi bagi anak sekolah dari pulau Haya ke Dusun Talaga Nipa. Selama ini siswa baik SD, SMP hingga SMA semuanya menuntut ilmu harus menyeberang lautan untuk sampai ke Talaga Nipa.

Bupati Payapo usai menghadiri pemasangan kubah Masjid Nur Iman Dusun Talaga Indah, kepada wartawan, Kamis (11/2) mengungkapkan, transporatsi laut yang diberikan kepada masyarakat untuk kebutuhan anak sekolah ini merupakan bantuan dari Kemenhub yang diusulkan oleh pemerintah daerah.

“Bantuan satu unit speed boat yang diperuntukan bagi anak sekolah ini, sangat penting karena siswa yang ada di Pulau Haya harus ke sekolah menyeberang laut ke dusun tetangga, karena sekolah dasar, SMP maupun SMA semuanya ada pada Talaga Nipa” ujar bupati.

Menurut orang nomor satu di SBB, terkendala transportasi laut masih mesih menjadi problem sehingga pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan mengusulkan bantuan speed boat ke Kemenhub.

Baca Juga: Payapo: Masyarakat Makmurkan Masjid dan Sholat Lima Waktu

“Bantuan ini dalam rangka pemerataan pendidikan nasional di seram bagian barat,” ungkapnya.

Lanjutnya, pemerintah kabupaten SBB sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kemenhub atas bantuan yang diberikan. Sebab dengan diberikannya bantuan berupa satu unit speed boat sebagai moda transportasi laut yang akan dipergunakan untuk mengantar siswa ke sekolah.

“Saya harapkan dengan bantuan ini masyarakat akan terbantu untuk menyeberang dari satu pulau ke desa lainnya, khusnya anak-anak yang bersekolah yang ingin menyeberang dari Pulau Haya ke Talaga Nipa demi meraih cita-citanya,” harapnya.

Dengan moda transportasi yang diberikan oleh Kemenhub ini katanya, kepada pemerintah kabupaten  SBB khususnya masyarakat Pulau Haya dapat memberikan semangat belajar kepada anak-anak untuk bersekolah dan bersemangat untuk terus belajar, agar kedepannya bisa menjadi anak yang unggul.

Untuk itu Payapo berpesan, kepada kepala Dusun dan masyarakat Haya dan sekitarnya untuk dapat menjaga bantuan ini dengan baik. Dan bantuan itu hanya dipergunakan untuk transportasi buat anak sekolah saja demi kelancaran pendidikan.

“Bantuan speed boat ini harus ada di tengah-tengah masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun. Pemberian bantuan ini juga sebagai wujud pengabdian kami kepada masyarakat demi peduli dan kemajuan pendidikan di Bumi Saka Mese Nusa,” tandasnya. (S-48)