AMBON, Siwalimanews-  Kemampuan dan kesiap-siagaan prajurit Lantamal IX Ambon diuji oleh Tim Kolat Koarmada III.

Keg9iatan yang berlangsung 5-6 Maret  ini diawali kunjungan Tim Kolat Koarmada III yang dipimpin Kolonel Laut (P) Ridwan Prawira di Markas Komando Lantamal IX Ambon. Tim ini diterima langsung oleh Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, didampingi para asisten Danlantamal IX.

Danlantamal IX dalam kegiatan itu, menekanan kepada seluruh personel agar selalu menguta­ma­kan keselamatan diri dan material agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan dengan penuh semangat serta penuh rasa tanggung jawab.

Sementara Ketua Tim Kolat Koarmada III menjelaskan, uji terampil P1/P2 yang rutin setiap tahun dilaksanakan ini, merupakan kegiatan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana ketahanan dan kesiapan suatu pangkalan.

“Kemampuan ini diukur dari kesiapan menghadapi dan mempertahankan pangkalan dari ancaman, gangguan maupun serangan pihak lawan atau musuh dari dalam ataupun luar,” jelas Ketua Tim Kolat.

Baca Juga: Lakukan Aksi Demo

Untuk diketahui, adapun materi – materi yang diuji dalam kegiatan itu diantaranya, uji tulis, penge­cekan software dan hardware, kebaharian, PDD khas TNI AL, PPM, PBB bersenjata, bongkar pasang senjata, renang militer, evakuasi korban tenggelam, Komtaktis, PHH hormasi, valreep, menembak, tata upacara militer berupa upacara persemayaman dan pemakaman, P1 P2 serta L1 L2 . (Mg-5)