AMBON, Siwalimanews – Pasca peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, Pemerintah Kota Ambon didesak untuk kembali gencar melakukan sosialisasi disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat.

Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Edison Sarimanella mengatakan, peningkatan kasus terkonfirmasi positif covid-19 saat ini yang telah mencapai 64 kasus mestinya mendapat perhatian serius dari Penjabat walikota Ambon dan Dinas Kesehatan.

Langkah pertama yang wajib dilakukan Pemkot Ambon yakni mengaktifkan kembali satgas penanganan Covid-19 yang sebelumnya telah bekerja maksimal dalam menekan kasus dua tahun berturut-turut.

“Kalau kita melihat jumlah kasus yang kembali meningkat, maka satgas sudah harus diaktifkan kembali, apalagi kita sudah masuk dalam PPKM level satu,” ujar Sarimanella kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (15/11).

Menurutnya, peran satgas Covid-19 sangat penting dan efektif dalam melakukan upaya sosialisasi serta penindakan terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan, walaupun saat ini telah dilonggarkan.

Baca Juga: Sarimanella Optimis Seluruh Ranperda akan Dituntaskan

Kelonggaran yang diberikan pemerintah pusat bukan berarti, bahwa covid-19 telah berakhir, karena itu sosialisasi pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan juga harus gencar dilakukan, guna menyadarkan kembali masyarakat.

“Peningkatan kasus jangan dipandang sebelah mata oleh pemerintah, sebab ketika tidak dilakukan antisipasi sejak awal, maka kasus akan terus meningkat dan mengakibatkan pemerintah kewalahan, karenanya sudah harus ada langkah antisipasi yang dilakukan,” tandas Sarimanella.(S-20)