AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Edison Sarimanella mengingatkan pemerintah kota untuk lebih tegas dalam pengelolaan masalah persampahan.

Pemerintah Kota Ambon kata Sarimanella, selama ini memang telah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan persoalan persampahan, tetapi faktanya masalah ini belum dapat tertangani dengan baik sebagai akibat dari masyarakat yang belum menyadari himbauan pemerintah.

“Keberhasilan pengelolaan sampah akan sangat tergantung dari kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, akibatnya pada lokasi-lokasi tertentu terjadi penumpukan yang luar biasa banyak,” tutur Sarimanella kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (9/11).

Apalagi kata Sarimanella, Dinas Persampahan Kota Ambon juga terkendala dengan persoalan armada pengangkut yang terbatas ditengah tuntutan sampah yang cukup banyak, maka harus ada ketegasan dari pemerintah, artinya pemkot tidak boleh lembek dalam pengelolaan sampah.

Saat ini, sudah saatnya pemkot menggunakan sarana CCTV pada lokasi-lokasi yang selama ini dilarang untuk masyarakat membuang sampah, sebab kenyataannya ketika tumpukan sampah diangkat masih saja masyarakat membuang di lokasi itu, padahal lokasi tersebut dilarang oleh pemerintah.

Baca Juga: Pemda Diminta Lebih Siap Dalam Perencanaan Infrastruktur

“Pemkot harus tegas jangan lembek dalam masalah sampah, kalau bisa gunakan CCTV untuk memantau masyarakat yang tetap saja membuang sampah dilokasi yang dilarang, sebab kalau tidak begitu, sama saja,” tegas Sarimanella.

Perda tentang sampah kata Sarimanella, secara tegas mewajibkan masyarakat untuk membuang sampah dilokasi yang disediakan dan ketika ada masyarakat yang melanggar, maka harus dihukum sehingga pengawasan harus lebih ketat dari pemerintah, agar ada efek jera bagi masyarakat yang melanggarnya.

“Kalau tidak pasang pos penjagaan seperti yang dilakukan Penjabat di Passo, maka harus pasang CCTV untuk awasi secara ketat agar ada efek jera kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan,” usul Sarimanella.

Sairmanella berharap, dengan adanya ketegasan dari pemerintah, maka cita-cita menjadikan Ambon yang bersih dapat tercapai.(S-20)