AMBON, Siwalimanews – Menjelang perayaan Natal pada 25 Desember 2023 serta Tahun Baru 1 Januari 2024, maka Basarnas Ambon akan mensiagakan 108 personel lengkap dengan peralatan utama.

Hal ini dilakukan guna mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi, khususnya di wilayah Maluku dan sekitarnya menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

“Kantor SAR Ambon dan potensi SAR bersama-sama melaksanakan siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru,” jelas Kepala Kantor SAR Ambon Muhammad Arif Anwar kepada wartawan di Ambon, Senin (18/12).

Penyiagaan pasukan dan peralatan utama ini dilakukan, dalam apel kesiapsiagaan pasukan yang berlangsung di Kantor SAR Ambon, Senin (18/12).

Alat Utama yang disiagakan berupa, KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable  Boat (RIB), Rigit Buoyancy Boat (RBB), Rescue  Car, Rescue Truck, Peralatan Emergency Kit (Medis), Peralatan Aqua Eye, Alat Selam, dan Drone Thermal.

Baca Juga: BMKG: Gelombang di Perairan Laut Maluku Masih Sedang

Semenata 108 Personel terbagi dalam unit siaga SAR Kepulauan Aru, unit siaga SAR SBT, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Banda, dan Pos SAR Namlea.

“Baik personel maupun alat utama disiagakan dengan pergerakan-pergerakan ke tempat-tempat yang rawan terjadinya musibah, seperti tempat-tempat wisata, pelabuhan, dan juga bandara,” ujar Anwar.

Anwar mengaku, pelaksanaan siaga SAR khusus Nataru akan dilaksanakan selama 21 hari, terhitung dari tanggal 18 Desember hingga 7 Januari 2024. Basarnas, melaksanakan siaga SAR khusus dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal.

Usai apel gelar pasukan, Kepala Basarnas Ambon melepas defile kendaraan dan personel yang terlibat dalam siaga SAR khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.(S-10)