AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Elviana Pattiasina mendesak pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota untuk kembali mengaktifkan satgas penanggulangan Covid-19.

Desakan ini disampaikan Pattiasina kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (9/11) merespon peningkatan kasus pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Ambon yang terjadi belakangan ini.

Secara umum di Indonesia maupun Kota Ambon kata Elviana, mengalami trend peningkatan kasus terkonfirmasi positif, setelah sebelumnya bebas dari Covid-19 selama setahun terakhir, maka harus ada langkah serius dari pemerintah daerah masing-masing.

“Tidak tahu ini varian baru atau bagaimana, tetapi satgas sudah harus diaktifkan agar ada koordinasi lintas OPD untuk penanganan Covid-19 yang mengalami kenaikan,” ujarnya.

Pengaktifan Satgas Covid-19 kata Elviana, dimaksudkan untuk melakukan tugas pencegahan dengan memasifkan sosialisasi kepada masyarakat, terkait dengan protokol kesehatan yang sudah harus kembali dipatuhi.

Baca Juga: Polda Maluku Buka Layanan Pengaduan

Hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat, pasca kebijakan pemerintah pusat yang tidak lagi mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker selama beraktivitas diluar rumah, artinya jangan sampai korban terus bertambah barulah pemerintah mengeluarkan kebijakan.

“Ini kan sudah ada bukti bahwa kasus meningkat, jadi sudah harus menjadi catatan bagi pemerintah untuk serius dengan meningkatkan kewaspadaan, sebab Covid-19 belum berakhir,” tegasnya.(S-20)