AMBON, Siwalimanews – Persoalan sampah di Ambon, hingga saat ini masih menjadi momok bagi Pemerintah Kota Ambon, hal itu pun diakui oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena.

Walikota kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (15/11) mengaku, penyebab dari masih menumpuknya sampah di beberapa titik di Kota Ambon, lantaran adanya beberapa perusahaan, yang turut membuang sampah pada sejumlah TPS yang diperuntuhkan bagi masyarakat.

“Sampah memang menjadi jadi isu utama selain masalah inflasi, yang saat ini sedang dialami pemkot dan masyarakat Ambon,” ucap walikota.

Kendala lain yang dialami Kota Ambon untuk penanganan sampah, adalah soal armada. Itu yang membuat pemkot kewalahan membersihkan sampah pada lokasi-lokasi tertentu. Yang mengakibatkan, terjadinya penumpukan hingga menimbulkan bau busuk.

“Jadi selain karena ada limbah perusahaan yang dibuang pada lokasi-lokasi tersebut, padahal mereka seharusnya langsung buang ke TPA, justru dibuang pada TPS, sehingga terjadi penumpukan,s elain itu juga persoalan armada di Dinas LHP, mengakibatkan kita terkendala membersihkan sampah-sampah itu,” ucap walikota.

Baca Juga: Jelang Hari Guru, PGRI Bursel Gelar Sejumlah Lomba

Melihat kondisi itu kata walikota, direncanakan akan dilakukan pengadaan armada di tahun anggaran 2023, sekaligus mengganti beberapa armada yang ada di Dinas LHP, yang sudah tidak layak pakai.

“Persoalan sampah ini juga akan dikembalikan ke masing-masing desa/negeri serta kelurahan untuk mengelolanya,” ucap walikota. (S-25)