AMBON, Siwalimanews –  Kepala Staf Angkatan Laut  Laksamana Yudo Margono, didampingi istri, meresmikan Kesatrian Tawiri Lantamal IX yang terletak di Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Sabtu, (19/6).

Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol sirine, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita oleh Ketua Jalasenastri Vero Yudo Margono.

Kasal dalam amanatnya mengatakan, sarana dan prasarana bagi komponen utama pertahanan negara sangat berpengaruh terhadap hasil capaian dari operasi gelar kekuatan.

“Lantamal IX sebagai pangkalan pendukung bagi Kapal perang Republik Indonesia, pesawat udara maupun satuan Korps Marinir yang bertugas melaksanakan operasi di wilayah timur secara umum, telah dapat melaksanakan tugas tersebut secara optimal,” ujar Kasal.

Menurut Kasal, peresmian Kesatrian Tawiri, merupakan salah satu upaya TNI AL untuk menciptakan fasilitas, dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi.

Baca Juga: BPBD Harus Pastikan Data Korban Gempa Tehoru tak Bermasalah

Di sisi lain, peresmian Kesatrian Tawiri ini juga merupakan wujud keseriusan TNI AL dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas, guna mendukung operasional organisasi ke depan yang semakin kompleks dalam menghadapi era globalisasi yang berkembang dinamis.

Pada kesmepatan itu, Kasal dan Vero Yudo Margono juga menyerahkan material kesehatan untuk percepatan pemulihan Covid-19 bagi masyarakat Maluku kepada Rumah Sakit Angkatan Laut dr FX Suhardjo Ambon dan Dinas kesehatan Lantamal IX.

Untuk diketahui, Kesatrian ini dibangun, karena terbatasnya ketinggian jembatan merah putih. Didalam Kesatrian Tawiri, terdapat dermaga untuk bersandar KRI bertonase besar dan fasilitas docking bagi kapal perang serta  mampu mendukung kebutuhan logistik, berupa pengisian bahan bakar, air tawar dan kebutuhan lainnya.

Kesatrian Tawiri juga memiliki fasilitas mess, sarana ibadah (masjid dan gereja). Terdapat juga prasarana olahraga, area joging track serta tata letak perkantoran yang indah.

Jika lingkungan bersih dan sehat, maka akan tercipta suasana yang nyaman bagi seluruh prajurit dalam mendukung terlaksananya tugas pokok. (S-45)