AMBON, Siwalimanews – Kapolres Tanimbar AKBP Umar Wijaya, didampingi Plt Kepala Seksi Pengawasan Ipda F Barry Hulkyawar melakukan blusukan ke sejumlah satker maupun instansi lain untuk mengecek langsung proses pelayanan publik,s ekaligus berdialog dengan masyarakat.

Awal blusukannya pada kantor sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) Tanimbar. Disana kapolres langsung membangun dialog dengan beberapa warga yang ada, sekaligus menanyakan tentang keperluan pengurusan.

Tak hanya Samsat, Polsek Tanimbar Selatan yang merupakan Polsek Kota di Kabupaten Tanimbar juga menjadi sasaran blusukannya orang nomor satu di Polres Tanimbar ini. Kegiatan yang dilakukan di Polsek ini sama halnya dengan di Kantor Samsat, yakni dirinya menanyakan tentang sistem pelayanan yang diberikan oleh Polsek serta kebutuhan pelayanan kepolisian maupun permasalahan yang dilaporkan melalui dialog langsung dengan masyarakat yang ada di ruang pelayanan SPKT Polsek.

Usai dari Polsek, Kapolres juga sempat mampir ke Pelabuhan Yos Sudarso di Kota Saumlaki dan memantau situasi kamtibmas dan aktivitas embarkasi/Debarkasi sekaligus mampir ke Kantor Syahbandar untuk berdialog bersama beberapa warga.

Kapolres mengaku, apa dilakukan untuk menyerap secara langsung aspirasi baik berupa masukan maupun kritikan dari masyarakat, terutama dalam tugas pelayanan kepolisian untuk dapat menjadi bahan bagi dirinya untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya, demi pembenahan tugas kepolisian khususnya Polres Tanimbar ke depannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca Juga: Salampessy: APBD Buru Surplus 4 M Lebih

“Kegiatan ini sengaja dilakukan untuk mengetahui dan menyerap secara langsung aspirasi, baik berupa masukan maupun kritikan yang tentunya akan sangat berguna sekali bagi saya selaku pimpinan Polri di wilayah ini sebagai bahan unutk dapat menentukan arah kebijakan selanjutnya, demi pembenahan tugas serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya di wilayah Polres Tanimbar,” ujar kapolres kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (8/11).

Kegiatan yang dilakukan ini kata kapolres cukup mendapat apresiasi dan tanggapan positif dari beberapa warga yang disambangi dan melakukan dialog langsung dengannya. Bahkan masyarakat mengaku senang dapat berdialog langsung dengan seorang pimpinan Polri yang ramah dan dekat dengan rakyat ini,” ujarnya. (Mg-1)