AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku Sandi Wattimena mewakili Gubernur Maluku secara resmi melepas 53 atlet yang akan berlaga di ajang Pra Peken Olahraga Pelajar Nasional wilayah V tahun 2022 yang akan berlangsung di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah 7-14 November.

Pelepasan Kontingen Maluku ini disaksikan jajaran Pengurus KONI Maluku, pengurus pengprov cabor yang diikuti Maluku serta para pelatih, di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga, Sabtu (5/11).

Untuk diketahui, pada ajang Pra Popnas ini Kontingen Maluku mengikuti empat cabang olahraga. Keempat cabor itu masing-masing, Bulu Tangkis (4 atlet), Pencak Silat (6 atlet) , Sepak Bola (16 atlet) dan Tinjau (7 atlit) ditambah 3 wasit dan juri.

Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Sandi Wattimena mengatakan, Pra Popnas merupakan sarana pembinaan olahraga pelajar guna mendorong pengembangan potensi pelajar.

“Pelaksaan Pra Popnas merupakan ajang untuk membentuk persahabatan dan kesatuan generasi muda Indonesia, maka atas nama pemprov kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh atlet berprestasi dan terpilih untuk mengikuti Pra Popnas di Palu,” ujar Wattimena.

Baca Juga:   Mardiono: Tak Ada Masalah Internal di Tubuh PPP

Pra Popnas merupakan event dan wahana bagi atlet untuk mengembangkan potensi agar lebih berprestasi, karena itu modal potensi yang telah dimiliki janganlah disia-siakan, tetapi sebaliknya harus berjuang agar dapat mencapai prestasi tertingginya.

Sebagai duta daerah, maka seluruh atlet pelajar harus memiliki tanggung jawab dan menjunjung sportivitas etika sopan baik dalam pertandingan maupun pergaulan ajar tidak meninggalkan kesan negatif disesama atlet selama berlangsungnya kegiatan.

Wattimena juga mengingatkan pendamping untuk memperhatikan semua kebutuhan para atlet baik konsumsi dan kesehatan, termasuk sportifitas sewaktu berlaga, dengan demikian lambat atau cepat akan melahirkan atlet berprestasi bagi Maluku kedepan.

“Kita optimis dari cabang-cabang olahraga yang ada pasti menyumbang medali bagi Maluku,” harapnya.(S-20)