AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, bersama Gubernur Murad Ismail, Pangdam XVI Pattimura Mayjen Ruruh A Setyawibawa dan Forkopimda lainnya, melakukan pemantauan keamanan pelaksanaan malam takbiran di Maluku.

Pemantauan malam takbiran menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah ini dipusatkan di Lapangan Letkol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Jumat (21/4). Pemantauan yang dimulai sejak pukul 21.00 WIT hingga pukul 24.00 WIT ini dilakukan dengan menggunakan sarana video conference yang tersambung di Polres dan Polresta jajaran Polda Maluku.

Pada kesempatan itu, Kapolda dan Forkopimda Maluku menerima laporan dari daerah-daerah yang disampaikan kapolres, bupati, maupun Dandim di wilayah setempat.

Kapolda mengatakan, secara umum dari laporan yang diterima di setiap daerah di Maluku, situasi keamanan saat malam takbiran dalam kondisi aman terkendali.

“Malam ini saya bersama dengan bapak gubernur, pangdam dan forkopimda lainnya memonitor rangkaian kegiatan malam takbiran, dan kita melaksanakan kegiatan ini dibantu instansi terkait. Dari laporan yang kami terima, secara umum malam takbiran berjalan dalam keadaan aman terkendali,” tandas kapolda.

Baca Juga: Kemenag Maluku: Hilal tak Terlihat di Ambon

Kapolda mengaku, meski pemerintah dan MUI telah menghimbau warga agar tidak melakukan pawai takbiran keliling, namun hal itu tetap berjalan. Kendati demikian, kegiatan takbir keliling dapat diantisipasi dengan baik.

“Ada petugas yang juga mendampingi melakukan pengawalan dalam kegiatan tersebut,” ujar kapolda.

Dengan berjalannya pelaksanaan malam takbiran secara aman dan kondusif, Kapolda menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah bersama menjaga kamtibmas di Maluku.

“Saya berharap saat salat Idul Fitri juga berjalan aman. Mari kita sama-sama jaga keamanan agar pelaksanaan salat dapat berjalan dengan khusyu dan kita bisa menunjukkan bahwa Maluku semakin aman dan damai. Saya menyampaikan selamat Idul Fitri, minal aidin walfaijin, mohon maaf lahir dan batin,” ucap kapolda.(S-10)