AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, Jumat (19/5), meninjau korban kebakaran di tempat pengungsian, yang disediakan Pemkot Ambon di Pasar Gotong Royong.

Kapolda di sela-sela kunjungan itu kepada wartawan menjelaskan, dirinya hadir di lokasi pengungsian untuk melihat langsung kondisi korban kebakaran, sekaligus menyerahkan bantuan berupa satu ton beras.

“Saya sampaikan terima kepada pak Walikota Ambon Boedwin Wattimena dan tim Polresta sebagai penanggungjawab wilayah pelaksanaan dan penanganan para korban yang cukup cepat,” ujar kapolda.

Menurut kapolda, yang terpenting adalah memberikan edukasi kepada masyarakat dan mengantisipasi bahayanya, apalagi wilayah Ambon saat ini sementara berada dalam cuaca yang cukup ekstrim, walaupun dalam kasus ini berbeda, bukan kebakaran karna sifatnya masalah kelistrikan, namun diawali dengan terbakarnya mobil.

“Untuk terbakarnya mobil itu sedang kita lakukan proses penyelidikan dan kemungkinan besar nanti kita akan tingkatkan ke proses penyidikan. Harus ada pertanggung jawaban hukum, apalagi ada yang sampai meninggal dunia,” tandas kapolda.

Baca Juga: Walikota: Pemkot Masih Terkendala Hadirkan KPN Definitif

Jenderal dengan dua bintang di pundaknya ini juga mengecek kondisi terkini para korban di tempat pengungsian. Untuk itu dia meminta walikota serius menangani masalah kesehatan para korban, termasuk menyediakan makanan bagi mereka serta memfasilitasi anak korban kebakaran untuk tetap sekolah.

“Saya juga sampaikan dengan rekan-rekan yang selama ini jalinan kerja samanya cukup baik dan saya yakin pak wali menindak lanjuti ini, sebab bagaimana pun juga kita tangani dengan komprehensif, semua instansi terkait TNI dan Polri disini kita hadir, negara hadir, bersama untuk kita menangani para korban kebakaran ini,” ujar kapolda.

Kapolda juga mengingatkan warga Kota Ambon dan Maluku umumnya untuk tetap waspada dan mengantisipasi bahaya kebakaran. (Mg-1)