AMBON, Siwalimanews – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon, baik secara langsung oleh Penjabat Walikota, bahkan melalui tim percepatan pendampingan desa/negeri serta Komisi I DPRD, namun masih saja terkendala untuk menghadirkan kepala pemerintahan negeri yang definitif bagi beberapa negeri di kota ini.

Adapun Negeri yang sampai saat ini belum memiliki kepala pemerintahan negeri diantaranya, Negeri Naku, Rumah Tiga, Seilale, Passo dan Batu Merah.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (16/5) mengaku, pihaknya terus berupaya untuk menghadirkan kepala pemerintahan negeri atau raja definitif di setiap negeri yang belum memilikinya, namun upaya pemkot ini selalu terkandala dengan para pemangku kepentingan di masing-masing negeri tersebut, tidak mau bersepakat.

“Pemkot terus berupaya untuk hadirkan KPN atau raja definitif, tetapi masing-masing negeri dengan persoalannya sendiri. Inti dari persoalan ini adalah, semua elemen pada masing-masing negeri, khususnya para pemangku adat harus bersepakat dulu soal mata rumah parentah,” ucap walikota.

Pasalnya, jika tidak ada kata sepakat, maka yakinlah, sampai kapanpun bahkan pemkot sekalipun, tidak akan pernah bisa menghadirkan KPN atau raja definitif bagi masyarakat di negeri-negeri tersebut.

Baca Juga: BPBD Himbau Warga Waspada Banjir dan Tanah Longsor

“Minimal sepakat soal mata rumah parentah, mau 1 atau 2, tapi minimal kita sudah punya dasar untuk melanjutkan ke tahap berikut. Seperti itu,” ucap walikota.

Terkait dengan Negeri Naku sendiri kata walikota, hingga kini pihaknya masih menunggu penetapan Peraturan Negeri Naku. Karena dasar pemkot untuk melakukan pelantikan  terhadap KPN atau raja definitif adalah perneg tentang mata rumah parentah dan pengusulan calon raja oleh Negeri Naku.

“Kalau sudah diusulkan, pasti saya lantik,” tandas walikota.(S-25)