DOBO, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar berjanji akan menindak tegas siapa saja yang menyebar informasi bohong atau hoax di media sosial.

Penegasan itu disampaikan Kapolda kepada sejumlah wartawan, usai kegiatan Duduk Bacarita Kamtibmas bersama pasangan calon bupati, tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh adat serta insan pers di salah satu café di Kota Dobo, Rabu (16/9).

Menurutnya, berita hoax atau fitnah ini seperti bola salju dan cara mengatasinya yakni, pertama apabila mendapatkan berita yang belum pasti, jangan cepat dishare tapi pastikan siapa pembuatnya.

Ini, dimaksudkan agar diketahui siapa pembuatnya, sehingga dia harus  pertanggung jawabkan didepan hukum agar tidak menular kepada yang lain.

“Nah insya Allah bapak kapolres dan rekan-rekan kami disini akan menindak lanjutinya dengan saksama,” ujar Kapolda.

Baca Juga: Polda Maluku Kirim 100 Personil Brimob ke Papua

Pada kesempatan itu Kapolda juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu cepat percaya terhadapa berita yang belum jelas kepastiannya.

“Kita nanti lihat bersama. Apabila apabila ada pelaku penyebar hoax yang sudah ditangani oleh pihak kepolisian ini juga harus disampaikan ke publik melalui kawan-kawan,” pinta Kapolda. (S-25)