AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif berharap Wakapolda baru, Brigjen Stephen M. Napiun dapat memberikan warna dan nuansa baru bagi peningkatan kinerja Polda Maluku dan jajaran.

Harapan itu disampaikan Kapolda dalam sambutannya pada upacara serah terima jabatan dari Wakapolda lama, Brigjen Jan Leonard de Fretes yang bergeser ke Polda Sulawesi Utara de­ngan jabatan yang sama kepada Wakapolda baru, Brigjen Stephen M. Na­piun.

Upacara serah terima jabatan tersebut dipimpin langsung Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif di la­pangan Letkol Pol Chr Ta­hapary, Tantui, Selasa (10/1).

Kata Kapolda, sSalah satu bentuk pembinaan karir personel Polri adalah mutasi, baik berdasarkan penugasan jabatan (tour of duty) maupun daerah penugasan (tour of area).

Mutasi lanjut Kapolda, dilakukan sebagai bentuk penyegaran baik terhadap organisasi maupun per­sonel yang bersangkutan, serta sebagai wujud pemberian peng­hargaan kepada personel Polri yang telah menunjukan prestasi kerja yang baik.

Baca Juga: Walikota Ambon Harap SBB Lebih Maju Kedepan

Menurut Kapolda, mutasi jabatan merupakan hal yang wajar dan biasa dalam organisasi. Hal ini merupakan upaya dalam menjamin dinamika organisasi dan manajerial yang didalamnya dituntut komitmen serta dedikasi tinggi.

“Ini agar mampu melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan baik, sekaligus sebagai bentuk kepercayaan pimpinan Polri yang harus dilaksanakan secara profe­sional dan bertanggung jawab,” ujar Kapolda.

Wakapolda, kata Kapolda, me­rupakan jabatan strategis sebagai unsur pimpinan Polda yang ber­tugas membantu Kapolda dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan perpol nomor 14 tahun 2018 tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Kepolisian Daerah. Yakni melaksanakan pengendalian ter­hadap pelaksanaan tugas dari se­mua unsur yang ada dalam organisasi kepolisian daerah.

Dirinya mengaku, wilayah hukum Polda Maluku memiliki tantangan tugas tersendiri. Ditinjau dari aspek geografi demografi, masyarakat Maluku adalah masyarakat yang majemuk terdiri dari berbagai suku, agama dan adat istiadat yang berbeda.

Dari aspek kamtibmas, senantiasa dihadapkan pada dinamika yang cukup kompleks, seperti potensi konflik sosial, gangguan kejahatan konvensional, dan transnasional crime, aksi unjuk rasa, maupun gangguan kamtibmas lainnya.

Lebih jauh kata Kapolda, Polda Maluku sebagai unsur pelaksana utama di kewilayahan terus melak­sanakan penjabaran program Presisi Kapolri secara konsisten dan ber­kelanjutan.

“Saya selaku Kapolda telah menindaklanjuti program Presisi Kapolri melalui program Basudara Manise Polda Maluku yang pada tahun 2002, dapat menjaga stabilitas keamanan di wilayah hukum Polda Maluku. Program basudara manise dilaksanakan oleh Polda dan polres jajaran melalui kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum dengan melibatkan peran tokoh-tokoh masyarakat, agama pemuda dan tokoh adat,” katanya.

Peran tokoh-tokoh masyarakat Pemuda adat agama terus dike­depankan dalam menyelesaikan akar masalah di tengah masyarakat.

Selain itu, sinergitas dan soliditas dengan TNI dan Pemda serta instansi terkait juga menjadi kunci utama dalam program basudara manise, untuk mewujudkan Maluku yang aman damai dan sejahtera.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya selaku pribadi dan pimpinan Polda Maluku beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Brigadir Jenderal Polisi Jan de Fretes atas pengabdian yang luar biasa selama kurang lebih 2 tahun 8 bulan 9 hari sebagai Wakapolda Maluku, serta dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan selama menjalankan tugas dan amanahnya,” tuturnya.

Kapolda dalam kesempatan itu juga mengucapkan selamat atas promosi jabatan yang baru sebagai Wakapolda Sulawesi Utara.

“Kepada Ibu Fenny de Fretes saya selaku pembina Bhayangkari daerah Maluku mengucapkan terima kasih atas segala pengorbanan dan kese­tiaan Ibu mendampingi suami se­lama bertugas di Polda Maluku, serta atas pengabdian Ibu selaku wakil ketua Bhayangkari daerah Maluku,” ungkapnya.

Kepada Wakapoda Maluku Brigadir Jenderal Polisi Steven M. Napiun yang sebelumnya menjabat sebagai Karoops Polda  Jawa Barat, Kapolda mengucapkan selamat datang dan bertugas di Polda Maluku.(S-10)