AMBON, Siwalimanews – Menjelang tahun politik 2024, penjabat  Walikota Ambon, Bodewin Wattimena mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Ambon untuk tetap menjaga netralitas.

Wattimena meminta, seluruh ASN agar tidak terlibat politik praktis dengan mendukung pasangan calon tertentu pada Pemilu 2024 menda­tang.

“Saya ingatkan lagi, ASN di Pem­kot Ambon jangan coba-coba. Yang ketahuan bekerja atau mendukung calon tertentu saat pemilu nanti, tentu tahu konsekuensinya, yang pasti ada tindakan tegas,” jelas Watti­mena kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Ambon, Senin (9/1).

“Kan ada aturan yang mengatur soal itu. Jika memang terbukti, pasti ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Selaku ASN, lanjut Wattimena, ha­rus berperan sebagai perencana, pe­laksana, dan pengawas pe­nyeleng­garaan tugas umum pemerintahan, serta mewujudkan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang pro­fesional, yang terbebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Baca Juga: NIK Jadi NPWP Mulai Disosialisasikan

Dikatakan, sudah terurai jelas dalam aturan, terkait apa tugas dan tanggungjawab ASN. Untuk itu, jika ada yang melanggar, maka ada sanksinya, bahkan yang terparah adalah pecat.

Disinggung terkait adanya blok-blokan antar ASN lingkup Pemkot Ambon lantaran perbedaan kepen­tingan politik 2024, Wartimena me­nanggapi, bahwa itu hanya sebatas wacana.

“Kita menunggu saja. Kalau memang ada rekomendasi dari Panwaslu atau kita yang temui sendiri ada ASN yang terlibat, akan ditindaklanjuti,” tegasnya.(S-25)