AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif memberikan apresiasi atas kehadiran 97 siswa Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI Angkatan Da­rat dalam pelantikan 177 orang Bintara Polri Gelombang II Tahun 2022.

Pelantikan  Bintara Polri Gelombang II Tahun 2022 yang berlangsung di lapa­ngan Letkol Pol Chr Taha­pary, Kota Ambon, Rabu (21/12).

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga mengucapkan terima kasih kepada Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa karena telah menghadirkan siswa Se­caba TNI AD tersebut.

Kehadiran puluhan siswa Secaba TNI AD itu merupakan sejarah dan yang pertama kali­nya terjadi di Indonesia sebagai bentuk sinergitas dan soliditas TNI Polri.

“Ini baru pertama terjadi di Indonesia. Sinergitas TNI Polri yang dicanangkan oleh kami dan Pangdam XVI/Pattimura di Maluku. Dibentuknya saudara asuh antara Bintara Polri dan Bintara TNI AD,” ungkap Kapolda.

Baca Juga: Kapolda Harap Pengamanan Nataru Berjalan Maksimal

Kehadiran siswa Dikmaba TNI AD pada pelantikan Bintara Polri ini sangat diapresiasi oleh Kapolda Maluku. Sebelumnya, mereka juga telah bersama mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) integrasi kampus kebangsaan selama kurang lebih sepekan.

“Ini momen sejarah pertama kali Indonesia dan khususnya di Ma­luku. Ini wujud sinergitas dan soli­ditas TNI dan Polri di Maluku, se­sama saudara asuh saling men­doakan yang terbaik,” ungkapnya.

Kapolda berharap dengan dibentuknya saudara asuh antara Bintara TNI AD dan Bintara Polri sebagai bagian dari sinergitas dan soliditas TNI Polri, maka Maluku senantiasa diwarnai dengan rasa aman, damai dan sejahtera.

“Semoga Maluku tetap aman, damai dan sejahtera,” harapnya.

Kehadiran siswa Secaba TNI AD mendampingi saudara asuhnya Bintara Polri yang dilantik hari ini, terlihat penuh keakraban. Mereka juga tampak memberikan semangat kepada Bintara Polri yang masih menunggu kedatangan orang tuanya.

Tak hanya itu, siswa Secaba TNI AD dan Bintara Polri juga membakar semangat tamu undangan yang hadir dan para orang tua dengan Yel-yel sinergitas TNI dan Polri. (S-10)