AMBON, Siwalimanews – Delapan Unit Pelaksana (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku meraih penghargaan Direktur jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) atas partisipasi mereka dalam program 76 Jam Pemasyarakatan Menuju 76 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ditayangkan melalui kanal Youtube beberapa waktu lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kakanwil Maluku, Andi Nurka saat pelaksanaan apel pagi bertempat di Aula Kanwil Maluku, Senin (20/9).

Delapan UPT tersebut yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon, Lapas Kelas IIB Piru, Lapas Perempuan Kelas III Ambon, Lapas Kelas III Saparua, Lapas Kelas III Banda Naira, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Ambon yang menerima penghargaan Dirjenpas karena turut ambil bagian dalam program yang disiarkan PAS TV tersebut.

Kakanwil dalam arahannya menyampaikan apresiasinya yang tinggi kepada UPT Pemasyarakatan yang telah menunjukan kinerja luar biasa khususnya di bidang kehumasan.

“Apresiasi setinggi-tingginya bagi delapan UPT PAS yang menerima penghargaan hari ini, selamat dan terima kasih atas kinerja rekan-rekan sekalian, semoga ini menjadi inspirasi bagi UPT yang lain,” puji Andi.

Baca Juga: Kejati Maluku Salurkan 500 Paket Sembako

Ia menambahkan keikutsertaan delapan UPT dalam program Ditjenpas tersebut menunjukan semangat kehumasan yang digalakan Kanwil Kemenkumham Maluku dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat.

Hal senada disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Maluku, Saiful Sahri.

Menurutnya penghargaan ter­sebut merupakan suntikan moti­vasi bagi jajaran pemasyarakatan Maluku yang tetap konsisten membangun pemasyarakatan lewat peran kehumasan.

“Ini bukti kerja keras jajaran pemasyarakatan khususnya rekan-rekan humas yang tetap semangat dan konsisten membangun pemas­yarakatan,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Divpas Maluku selalu mendorong jajarannya untuk selalu aktif dalam pemberitaan untuk mengedukasi masyarakat dengan konten-konten yang positif. “Kami aktif jalankan program One Day One News, dan semua UPT ikut berpartisipasi,” timpalnya. Ia berharap peng­hargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran pemasyarakatan untuk tetap semangat memberitakan pemasyarakatan kepada masyarakat.

Apel pagi itu dilaksanakan secara langsung dan juga lewat virtual melalui aplikasi zoom serta diikuti oleh seluruh jajaran di lingkungan Kemenkumham Ma­luku baik di Kanwil maupun UPT dengan tetap menjaga protokol kesehatan. (S-16)