AMBON, Siwalimanews – Biro Sumber Daya Manusia Polda Maluku melaksanakan uji kesamaptaan atau yang dikenal dengan tes jasmani bagi setiap personel.

Tes yang berlangsung di Lapangan Letkol CHR Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (8/2) dilaksanakan sebagai  persyaratan bagi setiap personel yang akan mengikuti sekolah pengembangan, dimana hasil dari uji kesamaptaan akan dimasukan ke dalam data 13 kompetensi.

“Nilai ini akan dijadikan data pada 13 kompetensi masing-masing personel yang akan digunakan sebagai persyaratan dalam mengikuti sekolah pengembangan dan pelaksanaan berkala lainnya,” jelas Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat kepada wartawan di Mapolda, Senin (8/2).

Tak hanya sebagai patokan penilaian kompetensi, uji kesamaptaan juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan menjaga stamina personel agar tetap bugar.

“Uji kesamaptaan yang diberikan kepada personel Polda Maluku ini meliputi lari 12 menit, pull up, sit up, push up dan lari lingkar delapan,” ujarnya.

Baca Juga: Pabung Kodim Persiapan Penerima Vaksin Pertama  

Pelaksanaan uji kesamaptaan, lanjut Ohoirat, direncanakan akan berlangsung rutin dimulai dari hari ini. Dimana tahap awal kegiatan yang dilaksanakan, menyasar personel Polda Maluku yang berasal dari Satuan Kerja Dirreskrimum, Bidang Humas, dan Satuan Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

“Pelaksanaan kesamaptaan berkala personel Polda ini direncanakan berlangsung selama 14 hari kedepan,” cetusnya. (S-45)