AMBON, Siwalimanews – Kapal Ikan Maju Jaya Bersama milik PT Sumber Laut, terbakar di Pantai Dusun Lata Negeri Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Jumat (20/9).

Penyebab terbakarnya kapal naas tersebut, diduga diakibatkan aktivitas pekerjaan pemotongan badan kapal.

Kapolsek Teluk Ambon, Ipda Muhammad H Syahkrianie, yang dikonfirmasi Siwalimanews mengatakan, berdasarkan keterangan saksi Rano Iskandar yang merupakan mandor pada pekerjaan pemotongan kapal ini, bahwa titik api berasal dari bagian ruang mesin kapal dan diperkirakan api berasal dari sisa pemotongan badan kapal.

“Kalau dari keterangan saksi aktifitas pemotongan kapal dimulai sejak pukul 08.00 WIT hingga pukul 17.00 WIT, setelah selesai melakukan aktifitas pemotongan, selanjutnya dilakukan penyiraman kearah badan kapal dengan menggunakan mesin alkon, namun berselang beberapa saat, titik api muncul, “jelas Kapolsek di loksi kejadian.

Dikatakan, Kejadian tersebut terungkap setelah salah seorang warga yang melihat titik api datang dan memberitahukan saksi.

Baca Juga: Manhub Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik<p><span style='font-size:14px;'>Dari Apel Peringatan Harhubnas 2019</span></p>

Mendengar hal tersebut, saksi yang sementara tidur bergegas bangun dan mengecek informasi dan ternyata benar api sudah membesar di area kapal.

“Saksi dan bebrapa karyawan mencoba merapat untuk memedamkan api, namun tidak jadi karena adanya tabung gas LPG ukuran 50 KG sebanyak 4 buah,” jelasnya.

Tak berani ambil resiko kata Kapolsek saksi kemudian menghubungi pemilik kapal  selanjutnya pemilik kapal menghubungi pihak Dinas pemadam kebakaran.

Sekitar pukul 06.45 WIT, dua unit Kendaraan pemadam kebakaran tiba di TKP. bersama dengan personil Polsek Teluk Ambon dan karyawan, api berhasil dijinakan pada pukul 07.30 WIT.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan sebesar Rp.30.000.000. (S-45)