AMBON, Siwalima – Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKA FKIP) Unpatti menggelar Musyawarah Cabang II yang digelar di AULA Student Center FKIP Unpatti, Kamis (21/7).

Ketua DPC IKA FKIP Unpatti Piet Kakisina mengatakan, sudah saatnya, ikatan alumni di setiap fakuktas maupun univeraitas, maju bersama demi kepentingan untuk memajukan lembaga ini.

Ia juga mengakui, kalau selama ini ikatan alumni belum bisa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan fakultas maupun universitas, bahkan pada jurusan. Karena itu, harus ditunjukan kepedulian terhadap ikatan alumni, sebab ikatan alumni menjadi sangat penting untuk memajukan visi dan misi Fakultas Keguruan.

“Karena itu, pertemuan ikatan alumni ini mestinya tidak sekedar silaturhami biasa, tapi harus lakukan suatu kegiatan yang optimal,” tandasnya.

Selain itu menurut Kakisana, ikatan alumni juga harus memiliki reputasi yang bisa menunjukan di dunia kerja, sekaligus membuka jalan bagi lulusan FKIP di dunia kerja. Mengingat, dalam setahun, FKIP dapat melahirkan kurang lebih sekitar 2 ribu lulusan, dan itu kekuatan yang luar biasa.

Baca Juga: Polisi Ciduk Dua pelaku Penganiayaan di Depan Amplaz

Untuk itu, dalam kepengurusan ikatan alumni yang baru nanti, bisa dikoordinasikan dengan baik, agar Ikatan Aluni FKIP Unpatti, bisa memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap kemajuan Fakultas Keguruan.

“Ikatan Alumni FKIP perlu bangga, karena banyak menjadi orang-orang yang luar biasa. Bahkan di universitas sendiri, FKIP diperhitungkan, ada yang pernah jadi rektor, sekarang ada yang jadi wakil rektor dan saya dekan Mipa. Artinya, FKIP punya kekuatan, tidak hanya didalam universitas, tetapi juga di luar, yang saat ini harus digerakan menjadi satu kekuatan, yang nantinya akan mendorong FKIP kedepan jadi fakultas yang diperhitungkan di universitas ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, reputasi juga penting, karena akan memberikan manfaat bagi para alumni FKIP untuk bisa berkarya di luar, dan sebagai Ketua Alumni periode 2018-2022 yang akan demisioner, ia berharap, muscab ini, dapat berjalan baik dan bisa menghasilkan kepengurusan yang baru, serta mampu menggerakan alumni menjadi lebih baik ke depan.

“Sudah saatnya, kita bersinergi dengan fakuktas keguruan untuk sama-sama mewujudkan visi-misi FKIP dan sekaligus berikan dorongan kepada FKIP, bukan sekedar akreditas program studi, tapi bagaimana untuk tetap menjalin hubungan baik dengan Fakultas Keguruan dan juga ikatan alumni dituntut memberikan masukan untuk kemajuan FKIP,” harapnya. (S-25)