AMBON, Siwalimanews – Setelah resmi sebagai Pangdam XVI Pattimura, sekaligus merupakan bagian dari keluarga besar Kodam XVI Pattimura, maka Mayjen Ruruh Setyawiba menjalani tradisi mencium Pataka Kodam Pattimura, Kamis (21/7).

Sebelum memasuki Markas Komando Kodam Pattimura, Pangdam bersama Istri Ny Indah Ruruh disambut dengan pengalungan kain tenun adat dan buket bunga oleh Kasdam Pattimura dan Istri, serta keluarga besar kodam, diiringi tarian cakalele.

Usai penyambutan tersebut, saat Pangdam dan istri melangkah masuk ke dalam Mako Kodam pattimura para personel melakukan hormat jajar sekaligus Pangdam menerima laporan dari komandan pos jaga, saat memasuki lobi Makodam, Pangdam mengikuti tradisi penerimaan dengan penciuman pataka Kodam XVI Pattimura dan penandatanganan buku korps raport.

Selanjutnya, Pangdam menuju Ruang Yudha untuk menerima paparan, setelah itu dilanjutkan dengan   pengukuhan Ny Indah Ruruh sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena atau ibu asuh kowad, yang berlangsung di lobi Makodam.

Baca Juga: Hambat Pencairan Dana Bencana,  Komisi III Sayangkan Sikap Pemda

Kapendam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo mengatakan, rangkaian tradisi penerimaan Pangdam baru ini masih akan terus berlanjut.

“Setelah ini, akan ada apel perdana, dan nanti malam dilanjutkan dengan acara lepas sambut Pangdam lama dan baru di rumah dinas Pangdam di kawasan Air Salobar Tapal Kuda,” ungkap Kapendam.

Hadir dalam penjemputan Pangdam, selain Kasdam Brigjen Asep Abdurachman, Irdam Brigjen Muhamad Muchidin, Kapoksahli Pangdam Brigjen Agus Mansyah, Danrem 151 Binaiya Brigjen Maulana Ridwan, Danrem 152 Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito dan para pejabat utama lainnya di jajaran Kodam XVIPattimura.  (S-25)