AMBON, Siwalimanews – Nasib naas menimpa kakek 87 tahun La Sabar. Ia tidak berhasil menyelamatkan diri usai rumahnya yang terletak dikawasan Lingkungan Satu RT.002 / RW.004 Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon ludes terbakar, Jumat (7/10).

Kasi Humas Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Moyo Utomo menjelaskan

berdasarkan keterangan saksi Wiwi Tuhulele (14) yang adalah cucu korban, sebelum kebakaran, saksi sempat melihat korban sedang memasak air panas di dapur untuk mandi.

Tak lama kemudian korban mena­ruh tangannya di atas meja dapur sehingga menyebabkan kompor terjatuh, dan menyebabkan kebaka­ran di bagian dapur.

“Setelah melihat kompor terjatuh saksi berlari ke dalam rumah dan memberitahukan kepada ibunya bahwa rumah sudah terbakar untuk segera mengambil  adiknya yang masih balita untuk keluar dari rumah, kemudian saksi dan ibunya berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan menelpon bapaknya mem­beritahukan bahwa rumah sudah terbakar,” jelas Utomo.

Baca Juga: Pemuda Hutumuri Diharapkan Bersinergi Dukung Pemerintah

Sementara berdasarkan Abdulah Tuhulele (37) yang adalah anak dari korban, saat kejadian dirinya se­mentara berada dipangkalan ojek, tak lama kemudian saksi di telepon oleh anaknya dan di beritahukan bahwa rumah mereka sudah terbakar.

“Mendapat info saksi berlari ke TKP dan melihat kobaran api sudah besar sehingga saksi bersama War­ga setempat berusaha untuk mema­damkan api menggunakan air yang berada di sekitar TKP, saksi juga menyampaikan kepada warga bahwa ada bapak mantunya semen­tara berada di dalam kamar, dan meminta tolong kepada warga untuk ber­sama-sama membongkar jalan tengah untuk menyelamatkan bapak mantunya Namum pada saat itu kobaran api sudah sangat besar se­hingga proses penyelamatan tidak dapat di lakukan,”pungkasnya.

Tak lama kemudian mobil damkar bersama dengan Kapolsek Sirimau dan Pers Sek Sirimau tiba di TKP guna memadamkan kobaran api serta mengamankan TKP. Tak lama berge­lut dengan api, api berhasil dipa­damkan, selanjutnya warga melaku­kan evakuasi korban yang berada tepat di dalam kamar korban dengan kondisi sudah hangus terbakar. (S-10)