AMBON, Siwalimanews – Rencana pemecahan rekor MURI yang digelar kodam XVI/ Pattimura untuk peserta makan papeda terbanyak dan hidangan terpanjang akhirnya diundur.

Semula direncanakan event ini akan digelar pada Senin 16 Mei yang dipusatkan di atas Jembatan Merah Putih (JMP). Jadwal ini kemudian diundur hingga 22 Mei mendatang.

Kapendam Pattimura, Kolonel Adi Prayogo Choirul Fajar dalam rilis yang diterima Siwalima, Rabu (18/5) membenarkan pelaksanaan kegiatan pepeda merah putih tersebut.

“Memang sempat tertunda acara pemecahan rekor MURI Papeda Merah Putih, namun tetap dilaksanakan pada Minggu 22 Mei nanti diatas JMP,” kata Kapendam.

Acara yang akan memecahkan rekor menyantap papeda terbanyak secara hybrid dan sajian rangkaian papeda bungkus terpanjang ini nantinya juga akan menutup jalan di JMP.

Baca Juga: Si Jago Merah Hanguskan Rumah Warga Benteng

“Untuk pelaksanaan pemecahan rekor nanti, di JMP akan dilakukan penutupan jalan mulai dari pukul 05.00 WIT sampai 08.00 WIT,” tambahnya.

Tak hanya makan papeda, acara yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-23 Kodam XVI/ Pattimura juga akan dimeriah­kan oleh senam zumba dan hiburan lainnya.

Diberitakan sebelumnya, untuk memeriahkan hari ulang tahun XXIII, Kodam XVI Pattimura berencana memecahkan rekor MURI dengan mengelar acara makan papeda dengan peserta sebanyak 12 ribu orang.

Kegiatan yang bertajuk Papeda Merah Putih ini akan digelar diatas Jembatan Merah Putih pada Senin (16/5), dimana peserta akan menyan­tap papeda terbanyak secara hybrid dan kategori sajian rangkaian papeda bungkus terpanjang.

“Mengapa Papeda Merah Putih? Papeda merupakan makanan khas masyarakat Maluku yang terbuat dari sagu, sedangkan Merah Putih adalah merupakan nama jembatan yang jadi icon atau ciri khas Kota Ambon,” kata Kapendam Pattimura dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Kamis (12/5).

Menurutnya papeda juga sebagai makanan kearifan lokal yang mengandung unsur perekat, maka dengan dipilihnya papeda, maka sekaligus juga menaruh harapan besar agar Kodam XVI Patimura senantiasa hadir sebagai perekat semua komponen bangsa khususnya di tanah Maluku.

Rencananya pemecahan rekor MURI diatas JMP nantinya untuk kategori menyantap papeda terbanyak secara hybrid dan kategori sajian rangkaian papeda bungkus terpanjang yang akan diikuti sebanyak 12 ribu orang diseluruh jajaran Kodam XVI Pattimura.

“Tak hanya itu, panjang papeda yang akan dipecahkan mencapai 123 meter yang bermakna, angka 1, bahwa Kodam XVI Pattimura sebagai pelindung dan perekat bangsa, sedangkan angka 23 merupakan usia pengabdian Kodam XVI Pattimura,” ucap pengdam.

Acara ini nantinya, akan menutup sementara ruas jalan yang berada di atas JMP selama pelaksanaan kegiatan ini pada, Senin (16/5) mendatang. (S-09)