AMBON, Siwalimanews – Jelang Pilkada  serentak yang akan berlangsung November 2024 mendatang, Partai politik mulai mempersiapkan proses penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Salah satunya partai Nasional Demokrat.

Ketua DPD NasDem Kota Ambon, Morits Librecht Tamaela, kepada wartawan, di Baileo Rakyat Belakang Soya, Rabu (17/4) mengatakan, DPD Partai Nasdem Kota Ambon dalam beberapa hari kedepan akan membuka proses pendaftaran Balon Walikota dan Wakil Walikota Ambon.

Menurut Anggota DPRD Kota Ambon itu, pihaknya masih menunggu Petunjuk Juklak dari Dewan Pimpinan Pusat DPP terkait proses penjaringan dimaksud.

“NasDem belum buka penjaringan. Kita masih tunggu Juklak dari DPP untuk proses itu. Kemungkinan dalam waktu dekat nanti baru ada informasi soal kapan dibukanya pendaftaran,”ujar Tamaela.

Terkait dengan proses itu, lanjut Tamaela, sesuai

Baca Juga: Tiga Balon Calkada Tanimbar Daftar di PDIP

hasil Rakorda Maret 2022 lalu, juga mendorong beberapa kader potensialnya untuk juga mengambil bagian dalam momen politik ini.

“Ada Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Teritorial Maluku-Malut, Rosita Usman, Ketua DPW NasDem Maluku, Hamdani Laturua, Victor Loupatty dan saya selaku Ketua DPD NasDem Kota Ambon, Morits Librecht Tamaela,Ketua Garda Pemuda Nasdem Maluku lai Randi Putra Nanulaita (RPN), Randy Nanulaita,” bebernya.

Kendat demikian, tambah Tamaela, proses penjaringan ini dibuka untuk umum, dan Nasdem sangat terbuka juga untuk peserta non kader.

Menurutnya, semua punya peluang yang sama untuk peroleh dukungan Nasdem baik kader maupun non kader.

“Dalam proses ini Nasdem terbuka bagi siapa saja yang mau mendaftar karena keputusannya nanti semua ada di DPP dengan parameter salah satunya adalah hasil survei. Dan itu faktor utama bagi setiap bakal calon,”katanya.(S-25)