AMBON, Siwalimanews – Guna meningkatkan kepedulian sampah kepada masyarakat, maka Jemaat GPM Imanuel OSM, menggelar pelatihan daur ulang sampah, dengan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon.

Ketua Majelis Jemaat GPM Imanuel OSM Pendeta JA Atihuta mengatakan, dari hasil keputusan sidang Jemaat ke-36 tahun 2021, pada seksi pengembangan Oikumene semesta, suksesinya lingkungan hidup dan keutuhan ciptaan.

“Karena itu ada program strategis yang dibuat oleh jemaat merupakan peningkatan kesadaran umat dalam budaya bersih serta pemanfaatan lahan dan pekarangan rumah untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Salah satunya dengan pelatihan dan pendampingan daur ulang sampah bagi jemaat,” ujar Atihuta di sela-sela kegiatan tersebut di aula Gereja Imanuel OSM, Jumat (17/6).

Dengan adanya program tersebut kata Atihuta, maka pihaknya meminta Dinas LHP untuk memfasilitasi kegiatan dimaksud, sebab kegiatan ini tentunya akan berkelanjutan.

Pelatihan ini, melibatkan 38 peserta dari setiap unit dalam wilayah pelayanan Jemaat Imanuel OSM.

Baca Juga: Basarnas Sepakat Perpanjang Pencarian ABK KM Hentri

“Kita minta tiap unit mengirimkan satu orang perwakilan dari 38 unit dalam jemaat yang diwakili satu orang peserta,” ujarnya.

Ia mengaku, antusias dari warga jemaat dalam mengikuti pelatihan ini sangat baik bahkan, mereka bisa mendapatkan pengalaman dari kegiatan ini.

Untuk itu diharapkan, dengan hadirnya kegiatan daur ulang sampah, maka sudah membuka potensi jemaat, setidaknya bisa menggunakan sampah untuk didaur ulang, sehingga lingkungan bisa menjadi sehat dengan mengurangi sampah.

Di tempat yang sama salah satu peserta pelatihan Nancy Luhukay pada kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada pihak Dinas LHP yang sudah membantu warga Jemaat Imanuel OSM untuk menggelar kegiatan positif seperti ini.

“Dengan diadakannya pelatihan ini, saya berharap para peserta dapat mengembangkan ilmu yang diperoleh di unit pelayanan masing-masing. (S-51)