JELANG Tahun politik 2024, Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena kembali menekankan, khususnya bagi ASN jajaran Pemerintah Kota Ambon, agar tetap menjaga netralitas.

Kepada wartawan, di Gedung DPRD Kota Ambon, Senin (9/1), Wattimena meminta, seluruh ASN agar tidak terlibat politik praktis dengan mendukung pasangan calon tertentu pada Pemilu 2024 mendatang.

“Saya ingatkan lagi, ASN di Pemkot Ambon jangan coba-coba. Yang ketahuan bekerja atau mendukung calon tertentu saat Pemilu nanti, tentu tahu konsekwensinya, yang pasti ada tindakan tegas. Kan ada aturan yang mengatur soal itu. Jika memang terbukti, pasti ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Dikatakan, selaku ASN harus berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan, serta mewujudkan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, yang terbebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Sudah terurai jelas dalam aturan, terkait apa tugas dan tanggungjawab ASN. Untuk itu, jika ada yang melanggar, maka ada sanksinya bahkan yang terparah adalah pecat,’ tegasnya.

Baca Juga: Penjabat Walikota Sampaikan Belasungkawa bagi Korban Gempa

Disinggung terkait adanya blok-blokan antar ASN lingkup Pemkot Ambon lantaran perbedaan kepentingan politik 2024, Wattimena mengatakan, itu hanya sebatas wacana.

“Kita menunggu saja. Kalau memang ada rekomendasi dari Panwaslu atau kita yang temui sendiri ada ASN yang terlibat, akan ditindaklanjuti,” tegasnya.(S-25)