SEMARAK HUT RI ke-77 di Kabupaten Seram Bagian Timur kian terasa, ditandai dengan dibuka secara resmi lomba gerak jalan indah antar pelajar oleh Sekda Jafar Kwairumaratu, Senin (15/8).

Sebanyak 44 regu mulai dari jenjang SD hingga SMA turut ambil bagian dalam lomba ini.

Ketua Seksi Perlombaan, Abu Saleh Salampessy merinci jumlah peserta itu terdiri dari tingkat SD sebanyak 22 regu dan 22 regu lain­nya berasal dari jenjang SMP dan SMA. Mereka semua tampil mem­perlihatkan kebolehannya masing-masing di hadapan dewan juri, mulai dari kostum yang dikenakan hingga tehnik baris berbaris dan variasi.

“Selain gerak jalan indah ini, ada pula mata lomba lain yang diikuti pe­serta dari masyarakat umum. Tuju­an­nya untuk memeriahkan HUT RI ke 77 di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa ini,” jelasnya, ke­pada war­tawan di sela-sela lomba dimaksud.

Mata lomba lain yang juga digagas untuk memeriahkan se­marak HUT RI tahun ini yakni gerak jalan empang dan tarik tambang yang pesertanya berasal dari kala­ngan masyarakat. Dua mata lom­ba ini baru diperlombakan pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2022.

Baca Juga: 46 Jemaah Haji SBT Kembali dengan Selamat

Kegiatan untuk semua mata lom­ba ini dipusatkan di kawasan pro­tokol Kota Bula. Kegiatan ini disak­sikan ratusan warga yang datang dari berbagai komplek di Kota Bula, mereka memadati ruas-ruas jalan di kawasan protokol untuk menyak­sikan atraksi yang diperagakan masing-masing peserta.

Menurut Salampessy             kegiatan ini cukup mendapat apresiasi, ditandai dengan antusiasme warga yang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan perlombaan dimak­sud. Pihaknya berniat akan terus menggelar kegiatan serupa di tahun mendatang dengan harapan warga dapat lebih memaknai semangat kemerdekaan dalam praktek kehidupan sehari-hari. (S-08)