AMBON, Siwalimanews – Jelang Pemilu 2024 mendatang, Bawaslu Maluku terus memperkuat kelembagaan.

Kegiatan yang berlangsung di salah satu hotel di Ambon, Selasa (14/11) melibatkan forkopimda, KPU Maluku, pimpinan partai dan media.

Ketua Bawaslu Maluku, Subair menjelaskan menjelang tahapan Pemilu serentak, maka Bawaslu harus perkuat kelengkapan baik ke dalam maupun keluar.

“Kedalam, kami melakukan penguatan kapasitas terhadap jajaran dan keluar kami harus memastikan bahwa semua stakeholder yang ada termasuk peserta Pemilu harus percaya kepada  Bawaslu,” ungkap Subair.

Penguatan kelembagaan lanjut Subair, dilakukan dengan meminta masukan dari seluruh pemangku kepentingan termasuk peserta pemilu guna melihat dinamika politik yang terjadi belakangan.

Baca Juga: Bawaslu Maluku Bakal Rekrut Ribuan Pengawas TPS

Hal ini bertujuan untuk memberikan penguatan bagi Bawaslu melakukan pengawasan secara ketat terhadap seluruh tahapan pemilu yang dilakukan hingga penghitungan suara.

“Kita telah mendengar begitu banyak masukan dan kritik terhadap Bawaslu guna dilakukan perbaikan agar menjadi lembaga yang bisa terpercaya oleh publik dalam pengawasan tahapan-tahapan selanjutnya,” tegasnya.

Subair menegaskan, dengan dukungan dari semua pihak maka Bawaslu memiliki kekuatan akan bekerja lebih maksimal dalam mengawasi Pemilu.(S-20)