AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Daerah Maluku akan melaksanakan operasi terpusat dengan sandi Keselamatan Salawaku tahun 2024.

Sebelum operasi digelar, Polda Maluku melaksanakan pelatihan terhadap personel yang akan menjalankan tugas tersebut. Pelatihan pra operasi keselamatan yang dihelat di Rupattama Mapolda Maluku, Rabu (28/2), dibuka oleh Direktur Lalu Lintas Kombes  Rusdy Pramana Suryanagara, mewakili Karo Ops Polda Maluku.

Karo Ops dalam amanatnya yang disampaikan Dirlantas Kombes  Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, operasi keselamatan yang akan dilaksanakan ini, bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban serta menjaga harkamtibmas jelang Idul fitri di wilayah hukum Polda Maluku.

Operasi yang akan dilaksanakan selama 14 hari ini juga, untuk mengupayakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di Maluku.

“Operasi keselamatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka kecelakaan dan pelanggaran masyarakat dalam berlalu lintas,” ujar Karo Ops  .

Baca Juga: Polisi Pastikan Kasus Dana Sertifikasi Guru Ditangani Hingga Tuntas

Untuk itu, para personel yang akan melaksanakan operasi ini kata Karo Ops, diminta untuk melakukan deteksi dini pengamanan dan pemetaan terhadap lokasi rawan pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Para personel juga diingatkan untuk melaksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas serta sosialisasi penyuluhan melalui pemasangan baliho, banner dan lainnya.

“Laksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi-lokasi macet dan rawan kecelakaan. Lakukan penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE statis dan mobile serta blanko teguran,” pinta Karo Ops.

Karo Ops juga minta, setiap personel mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, guna meningkatkan simpati disiplin masyarakat terhadap polisi lalu lintas.

“Kepada seluruh personel yang melaksanakan operasi dapat bekerja dengan profesional serta tidak memperburuk citra Polri di mata publik,” pesan Karo Ops.(S-10)