AMBON, Siwalimanews – Jalan trans seram yang menghubungkan Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur pada km 35 nyaris putus.

Ruas jalan ini nyaris putus dikarenakan hujan dengan intensitas yang cukup tinggi menerjang Kabupaten Maluku Tengah sejak Jumat (26/11) lalu yang mengakibatkan longsor pada ruas jalan tersebut.

Kasatker Pelaksanaan Jalan Nasional II Wilayah Maluku Berty Leatemia saat dikonfirmasi Siwalimanews Senin (29/11) membenarkan, kalau ruas jalan tersebut mengalami lonsor.

“Longsor yang mengakibatkan ruas jalan trans seram pada km 35 ruas jalan Masohi – Seram Utara ini rusak, disebabkan karena hujan deras yang mengguyur Malteng, pada Jumat (26/11) kemarin,” ucap Berty

Saat ini kata Berty, ruas jalan tersebut sementara diperbaiki oleh pihaknya pada lokasi tersebut, dengan jenis penanganan pemasangan beronjong dengan kawat galvanis dilapis geotextile sebagai stabilisator.

Baca Juga: Warga Waai Sampaikan Keberatan ke Gubernur

“Penanganan longsoran paket penanganan longsoran Sp Waipia-Saleman sedang dilakukan pada lokasi tersebut dengan jenis penanganan pasangan bronjong dengan kawat galvanis dilapis geotextile sebagai stabilisator,” ucap Berty

Menurutnya, dengan kondisi lahan yang basah dan hujan deras, memperparah longsoran yang mengakibatkan separuh dari badan jalan amblas.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya sementara melakukan penanganan pada lokasi tersebut dengan rencana turap pada bagian luar longsoran yang akan dilanjutkan dengan pemasangan bronjong dilapis geotextile sebagai stabilitator. (S-51)