AMBON, Siwalimanews – Jelang peringatan HUT Kodam XVI Pattimura pada 15 Mei mendatang, prajurit Kodam melaksanakan kegiatan ziarah Taman dan tabur bunga ke Makam Pahlawan Kapahaha, Kamis (11/05).

Irdam XVI Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana bertindak sebagai inspektur upacara dengan peserta yang terdiri dari prajurit Kodam XVI Pattimura dan PNS serta anggota Persit KCK PD XVI Pattimura. Turut hadir pula dalam acara tersebut Danrem 151/Binaiya, Brigjen TNI Aminton Manurung.

Dalam upacara tersebut, dilakukan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, dan peletakan karangan bunga serta tabur bunga di makam para panglawan.

Kapendam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo menerangkan ziarah dan tabur bunga bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan tugas demi membela, mempertahan bangsa dan NKRI.

“Kita ingin mengingatkan kepada penerus bangsa agar tidak melupakan sejarah dan menghormati jasa para pahlawan terdahulu,” terangnya.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Desa Keliobar Terendam Banjir

Setelah upacara selesai, Irdam XVI Pattimura didampingi oleh peserta ziarah melakukan tabur bunga ke beberapa makam pahlawan, di antaranya adalah Pahlawan Nasional Slamet Riyadi.

Donor Darah

Selain ziarah dan tabur bunga, Kodam XVI Pattimura  juga mengelar aksi donor darah yang dipusatkan di Rumah Sakit Tingkat II dr. J.A Latumeten dengan menggandeng PMI Kota Ambon.

“Animonya lumayan banyak, semoga kontribusi ini nantinya dapat memberikan manfaat,” ujarnya.

Kapendam mengatakan dalam pelaksanaan aksi sosial ini calon pendonor harus melalui proses asesmen medis yang ketat.

Pasalnya tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya, tergantung pada kelayakan atau kondisi fisik kesehatan masing-masing.

“Sebelumnya calon pendonor harus mengisi form data diri yang telah disediakan, selanjutnya menjalani cek kesehatan fisik oleh petugas yang akan melakukan pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh dan tingkat hemoglobin sebelum pengambilan darah,” tandasnya.

Sekurangnya ada 100 kantong darah berhasil tersalurkan untuk kebutuhan stok darah bagi mas­-yarakat Kota Ambon. (S-10)