AMBON, Siwalimanews – Pemkot Ambon mengenalkan Pancasila sebagai Ideologi Negara kepada anak-anak lewat permainan game ular tangga.

Game ular tangga pancasila ini sendiri diikuti oleh puluhan siswa kelas III perwakilan dari masing-masing sekolah di Ambon.

Pejabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena yang membuka kegiatan tersebut mengaku Pancasila menjadi bagian terpenting untuk dijaga, diamalkan dan dilestarikan dalam kehidupan kita sebagai warga Indonesia.

Jadi kegiatan ini tujuanya untuk membina dan pemberdayaan sikap serta jati diri yang tangguh sebagai generasi muda, berbangsa dan bernegara dalam menjamin kesatuan,” urainya.

Menurutnya, pemerintah, guru dan orang tua memiliki tantangan yang besar terkait dengan pengenalan nilai-nilai Pancasila pada era globalisasi ini.

Baca Juga: Kurikulum Merdeka Belajar Segera Diberlakukan

Karena itu, semua pihak memiliki tanggung jawab besar untuk membimbing, mengasuh generasi muda ini, supaya memahami nilai-nilai Pancasila sebagai Ideologi, serta menangkal mereka dari pengaruh negatif.

“Kepada seluruh peserta ia meminta agar makna dari permainan ini dapat dipahami dengan benar melalui pendampingan yang dilakukan oleh para guru dan juga orang tua.

“Kita tentu tidak bisa mengharapkan para guru sendiri, tetapi peran orang tua juga penting untuk membingkai mereka agar terhindar dari hal-hal negatif,” ucapnya. (S-25)