AMBON, Siwalimanews – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dipastikan, akan mengunjungi tiga daerah di Maluku. Ketiga daerah tersebut yakni, Kota Tual, Kabupaten Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

Presiden dan rombongan dijadwalkan berangkat dari Jakarta pada Rabu (14/9) pkul 07.00 WIB dan tiba di Bandara Dumatubun, Kabupaten Maluku Tenggara pada pukul 13.00 WIT, tiba di Bandara Dumatubun, Presiden Joko Widodo dan rombongan langsung menuju ke Kota Tual untuk beristirahat sekaligus makan siang.

Usia beristirahat sejanak dan makan siang, rombongan kemudian menuju ke Kantor Pos Tual sekitar pukul 14.15 WIT untuk memantau langsung pembagian bantuan langsung tunai. Usai memantau penyaluran BLT, rombongan kemudian menuju ke lokasi budidaya rumput laut.

Setelah melihat lokais budidaya rumput laut, presiden kemudian berbincang dan berdiskusi langsung dengan para nelayan Kota Tual yang dipusatkan di lokasi milik PT SIS. Usai berdiskusi dengan para nelayan, presiden kemudian menuju ke penginapan untuk beristrahat.

Keesokan paginya, Kamis (15/9), presiden dan rombongan bertolak dari penginapan menuju ke Pasar Langgur untuk menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat dan para pedagang. Usai dari Pasar Langgur, presiden dan rombongan kemudian menuju ke Bandara Tual untuk menuju Bandara Rar Gwamar Dobo, Kabupaten Aru.

Baca Juga: Kapolda Perintahkan Usut Pelaku Penyalahgunaan Bendera Merah Putih

Tiba di Kota Dobo, presiden dan rombongan kemudian beristirahat sejanak, untuk selanjutnya menuju ke Pelabuhan Yos Sudarso Dobo, suai meninjau pelabuhan, rombongan kemudian menuju ke Pasar Dobo, untuk menyalurkan bantuan kepada para pedagang.

Dari situ, presiden dan rombongan menuju ke Kantor Pos Dobo untuk memantau langsung proses penyaluran BLT kepada masyarakat. Setelah melakukan pemnatauan di kantor Pos, presiden kemudian beristirahat sambil menikmati hidangan makan siang.

Usia makan siang, Presiden dan rombongan menuju ke Bandara Rar Gwamar Dobo, untuk bertolak ke Kabupaten Maluku Barat Daya. Tiba Bandara Moa, Kabupaten MBD sekitar pukul 16.00 WIT, kemudian rombongan langsung menuju lapangan Kalwedo untuk memantau proses penyaluran BLT.

Usai melihat langsung proses penyaluran BLT, presiden dan rombongan kemudian menuju penginapan untuk beristirahat.

Keesokan harinya, Jumat (16/9) pagi rombongan menuju ke pasar kompleks untuk presiden membagikan sembako sekaligus meninjau pembangunan terminal disana. Dari situ presiden kemudian menuju Bandara MBD dengan melintasi kawasan Gunung Kerbau, sekaligus menyapa masyarakat Maluku Barat Daya.

Tiba di Bandara Moa, presiden dan rombongan kemudian dengan pesawat kepresidenan take Off menuju Bandara Halmahera Timur. Dijadwal Presiden dan rombongan tiba di Bandara Halmahera Timur pukul 12.00 WIT, dan dilanjutkan dengan Sholat Jumat berjamaah di Mesjid Annur.

Usai sholat, presiden dan rombongan kemudian beristirahat sejenak sambil menikmati hidangan makan siang, kemudian menuju pasar dan kantor pos untuk melihat langsung penyalura sembako dan BLT. Dari situ presiden kemudian menuju menuju PSN (Smelther).

Usai meninjau smelther presiden kemudian menuju Bandara Halmahera Timur dan sekitar pukul 16.30 WIT rombongan presiden dijadwalkan take off dari Bandara Halmahera Timur menuju Bandara Pattimura Ambon.

Tiba di Bandara Pattimura, presiden dan rombongan bersitirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Jakarta. (S-06)